Kampanyekan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Puskesmas Margadana Kota Tegal Gandeng Bank Sampah

 Kampanyekan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, Puskesmas Margadana Kota Tegal Gandeng Bank Sampah

KERJA SAMA-Kepala Puskesmas Margadana dr Wahidin dan Direktur Bank Sampah Marga Jaya Rindang Meiwan Dani Ristanto didampingi Lurah Margadana Slamet Sugiarto untuk kerja sama Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.-Meiwan Dani R-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Kampanyekan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Puskesmas Margadana Kecamatan Margadana Kota Tegal menggandeng Bank Sampah Marga Jaya Rindang.

Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) untuk kampanye Sanitasi Total Berbasis Masyarakat itu dilakukan di Pendapa Kelurahan Margadana, Kota Tegal, Jumat 8 September 2023. Kerja sama tersebut untuk terus bersama mengkampanyekan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga.

"Kami melakukan kerja sama dengan Bank Sampah Marga Jaya Rindang, untuk bersama mengkampanyekan lima pilar STBM," kata Kepala Puskesmas Margadana dr Wahidin.

Lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), di antaranya Stop Buang Air Besar Semabarangan (BABS), Cuci Tangan Pakai Sabun  (CTPS), pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga. 

BACA JUGA:Lakukan Inovasi dan Terobosan, Bank Sampah Marga Jaya Rindang Kota Tegal Dapat Apresiasi dari Puskesmas

BACA JUGA:Kembali Buat Gebrakan Baru, RSUD Suradadi Menjadi Pioneer Program Bank Sampah

Pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga. Menurut dr Wahidin, pihaknya berharap kerja sama Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dengan Bank Sampah akan membantu dalam pengelolaan sampah. 

"Sehingga STBM akan berjalan maksimal di wilayah kerja Puskesmas Margadana," ujarnya.

Direktur Bank Sampah Marga Jaya Rindang Meiwan Dani Ristanto menyambut baik kerja sama Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang dilakukan bersama dengan Puskesmas Margadana. 

Karena dengan kerja sama itu akan dapat meningkatkan kebersihan lingkungan. Bahkan nasabah bank sampah juga mendapatkan asuransi jiwa.

BACA JUGA:Program Bank Sampah Belum Menjadi Solusi, TPA Penujah Kian Menggunung

BACA JUGA:Rintis Bank Sampah, Desa Tamansari Terkendala Pandemi Covid-19

"Bergabung dengan bank sampah, nasabah akan dapatkan asuransi BPJS Tenagakerjaan, artinya nasabah tersebut akan mendapat jaminan kecelakaan kerja dan kematian," ujarnya.

Sementara itu, Lurah Margadana Slamet Sugiarto mendukung penuh kerja sama Sanitasi Total Berbasis Masyarakat tersebut, karena dapat saling bersinergi dalam menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah. 

Sumber: radartegal.disway.id