Tips Pilih Aki Mobil yang Tepat, Pilih Merk Terjamin Berkualitas agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Tips Pilih Aki Mobil yang Tepat, Pilih Merk Terjamin Berkualitas agar  Tetap Awet dan Tahan Lama

Aki mobil-Instagram@Raja_Battery-

RADARTEGAL-DISWAY.ID-ACCU alias aki adalah komponen penting kendaraan bermotor termasuk mobil, tanpa aki kemungkinan nanti mesin tidak akan bergerak tanpa ada aliran listrik. Tips pilih aki mobil yang tepat perlu mendapat perhatian supaya usia pakai komponen lebih panjang.

BACA JUGA:Terinspirasi Dari Hiu, Berikut Kelebihan Suzuki Ignis 2023 yang Sudah Punya Lampu Full LED

Aki yang sudah  rusak memang membuat kendaraan mogok sehingga penting diganti aki baru. Penyebab aki mobil rusak ada banyak faktor, Jika sudah mengetahui   faktor kerusakan  lebin baik  ganti yang baru daripada diperbaiki dengan setrum ulang  atau membeli kondisi bekas. 

Merk dan Type Aki Beragam

Merk dan type aki terdapat banyak merk beredar dipasaran bukan berarti  sembarangan memilihnya agar awet dan tahan lama. Sekarang ini di pasaran muncul aki rekondisi yang sudah bekas dikemas seolah-olah aki baru.

Maka  hati-hati  saat membeli perlu teliti dan waspada kemudian juga memperhatikan beberapa hal hendak  membeli aki mobil. Tidak semua aki bisa dipasang pada kendaraan bermotor seperti  mobil

BACA JUGA:Spesifikasi Motor Listrik Volta, Intip juga Kelebihan dan Kekurangannya! 

Namun perlu diperhatikan beberapa hal saat hendak membeli aki mobil mulai dari dimensi, type aki, kapasitas hingga garansi berlaku. Berikut  tips memilih aki mobil berkualitas dirangkum radartegal.disway.id dari berbagai  sumber

  1. Type Aki

Salah satu tips pilih aki mobil yang tepat dengan melihat type aki yang dibutuhkan, karena type aki beragam   yang ada dipasaran pastikan memilih type sesuai. Jika aki mobill lama ternyata jenis aki  kering,  maka sebaiknya membeli aki kering.

Jenis aki mempengaruhi tehnologi mesin kendaraan, bila suatu kendaraan mobil memiliki daya  tehnologi tinggi. Sudah pasti jenis aki dibutuhkan juga harus tehnologi canggih perlu  menyesuaikan aki tepat sehingga nanti tidak ada kendala dalam mesin.

  1. Dimensi

Hal menarik dalam tips memilih aki mobil berkualitas dengan memperhatikan dimensi yang biasanya lebih  besar. Tidak semua jenis kendaraan roda empat mempunyai dimensi  ruang yang besar dan hanya kendaraan tertentu  saja.

Bila  dimensi  aki besar maka perlu ruang besar mennyesuaikan dengan ukuran aki. Sebaliknya, dimensi aki kecil memerlukan ruangan kecil sebagaimana ditentukan oleh pabrik dan  mengetahui hal ini penting membaca buku pedoman pemilik  mobil.

  1. Lihat Spesifikasi Cold Cranking Amps

Tidak  hanya memperhatikan dimensi dan type aki saja  melainkan juga spesifikasi Cold Cranking Amps atau CCA. CCA merupakan kode   menunjukkan berapa besar kemampuan aki  menghantarkan daya listrik menyalakan mesin dalam suhu dingin. Oleh karena  itu pastikan saat  membeli   aki pilih kemampuan lebih rendah  dari aki  lama

  1. . Bergaransi Minimal 1 Tahun

Hal menarik  dalam tips pilih aki mobil berkualitas dengan memperhatikan garansi,  karena biasanya   produsen aki akan memberikan garansi  minimal  1 tahun. Garansi berlaku untuk setiap  produk dipasang pada kendaraan kemudian pastikan pula saat   membeli  aki, toko penjual aki berani memberikan garansi 1 tahun.

Jika, tidak ada garansi lebih baik ganti toko  lain yang menjamin adanya  garansi. Garansi  memang penting dalam penggunaan aki lantaran membantu ketika aki mengalami kerusakan baru  dipakai dalam  waktu dekat  dan ada tanggungjawab jika terjadi kerusakan

  1. Pilih Merk Terjamin Berkualitas

Pastikan pula  dalam  menyeleksi aki mobil merk terjamin berkualitas,  dalam  arti merk  aki  tersebut terkenal biasanya karena kualitas. Aki yang sudah populer merknya sudah pasti terjamin keamanan sehingga tidak khawatir ketika  memakainya.

Aki mempunyai kualitas baik menjadi rekomendasi pemakaiannya, sebab dinilai pengaruh atau efek besar terhadap  kinerja mesin mobil. Sedangkan kualitas aki tidak terjamin sudah pasti sistem  maupun mesin kendaraan mengalami masalah.

 Ada  beragam merk aki beredar dipasaran harga bervariasi membuat bimbang dan  ragu mana yang paling terbaik. Oleh karena itu, agar nanti tidak  masalah pada aki  ada baiknya mengikuti saran rekomendasi dari dealer mobil  sebagai alternatif terbaik.

  1. Beli di Bengkel atau Toko Resmi

Tidak hanya memilih merk terjamin saja melainkan pula pastikan tempat membeli aki mobil  bengkel atau toko resmi. Mengapa harus di toko  atau  bengkel resmi, alasan lokasi paling aman terhindar  dari berbagai risiko

Dari  bengkel atau toko   resmi dapat memilah dan menyeleksi aki mobil terbaik baik jenis  dan merk berkualitas. Tidak perlu khawatir   tentang aki atau komponen palsu karena keasliannya  sudah terjamin kemudian dapat konsultasi terkait jenis aki  agar tidak salah pilih. *

.

 

 

Sumber: