Anggaran Rp1,08 Miliar, Taman Rakyat Slawi Ayu Dipugar Bertahap Jadi Taman Budaya

Anggaran Rp1,08 Miliar, Taman Rakyat Slawi Ayu Dipugar Bertahap Jadi Taman Budaya

INSPEKSI- Bupati Tegal Umi Azizah (paling kiri) saat melakukan inspeksi pekerjaan pemugaran Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa), Rabu 25 Agustus 2023. Pekerjaan pemugaran yang meliputi penataan utilitas, fasad depan, tempat parkir, lampu penerangan dan penggan-Humas Pemkab Tegal-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Mendapatkan anggaran Rp1,08 miliar, Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) saat ini sedang dipugar oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Tegal. Anggaran tersebut melalui pendanaan APBD Kabupaten Tegal Tahun 2023.

Taman Rakyat Slawi Ayu tersebut merupakan taman atau ruang terbuka publik yang sangat dibutuhkan. Terutama bagi warga perkotaan sebagai sarana berolahraga, rekreasi, mencari hiburan ataupun sekedar bersantai melepas penat dari hiruk pikuk keseharian. 

Pekerjaan pemugaran ruang terbuka publik Taman Rakyat Slawi ini tengah memasuki tahap pembongkaran lantai keramik dan pemasangan lantai batu andesit setebal 1,2 sentimeter. Hal ini seperti diungkap Bupati Tegal Umi Azizah saat melakukan inspeksi di Trasa, Rabu 25 Agustus 2023 lalu.

Menurutnya, grand desain penataan Taman Rakyat Slawi ini sebenarnya mencakup seluruh kawasan. Namun, karena keterbatasan anggaran, tahun ini baru difokuskan ke penataan utilitas lingkungan dan penggantian lantai keramik yang banyak mengalami kerusakan.

BACA JUGA:Memprihatinkan! Krisis Air Bersih Bikin Warga Kedungwungu Kabupaten Terpaksa Lakukan Ini

BACA JUGA:Polisi di Tegal Ajak Main Murid SD Sambil Sosialisasi Operasi Zebra Candi 2023

“Tahun ini kita fokuskan ke penataan utilitas, fasad depan, tempat parkir, lampu penerangan dan penggantian lantai keramik dengan batuan andesit supaya lebih kuat, lebih awet, dan tahan segala cuaca. Untuk panggung kita redesain tahun depan dengan tampilan yang elegan, minimal seperti yang di Taman Indonesia Kaya Kota Semarang,” kata Umi bersemangat.

Meski dilakukan secara bertahap, diharapkan penataan Taman Rakyat Slawi akan menjadikan ruang publik ini sebagai civic center atau pusat pertemuan warga dan kegiatan seni budaya. Terlebih ditunjang keberadaan panggung seni pertunjukan dan teater yang eksotis akan semakin menguatkan identitas Taman Rakyat Slawi sebagai taman budaya.

Dirinya pun merasakan pentingnya ruang publik yang representatif untuk mewadahi aktifitas masyarakat sekaligus ruang kreasi bagi para seniman Kabupaten Tegal dan sekitarnya.

Taman yang ada di jantung Kota Slawi ini banyak digunakan masyarakat sebagai tempat bersantai dan bermain bersama anak. Taman Rakyat Slawi ke depan akan menjadi taman budaya pertama di Kota Slawi dengan konsep panggung outdoor sebagai wadah ekspresi para seniman panggung teater dan pekerja seni yang dapat dinikmati masyarakat secara gratis.

BACA JUGA:50 Kepala Keluarga di Desa Tembok Banjaran, Kabupaten Tegal Akan Diberi Edukasi Pentingnya Program JKN

BACA JUGA:Krisis Air Bersih di Kabupaten Tegal Semakin Meluas, RSUD Soeselo Slawi Gelontorkan 20 Tangki

Senada dengan Umi, Pelaksana Tugas Kepala DPUPR Kabupaten Tegal Teguh Dwi Rahardjo menjelaskan jika rehabilitasi untuk penataan Trasa tahun ini tidak sampai menyentuh area panggung. Pihaknya pun berharap penataan Taman Rakyat Slawi secara keseluruhan dapat dilanjutkan tahun 2024 dan 2025 mendatang, terutama pada area panggung.

“Kami berharap, adanya rehabilitasi untuk penataan Trasa ini bisa menambah daya tarik dan rasa nyaman bagi setiap pengunjung yang datang,” ujarnya.

Sumber: radartegal.disway.id