Kelebihan Kekurangan Pinjaman Online Saingan Perbankan, Persyaratan Mudah Biaya Admin Tidak Transparan

Kelebihan Kekurangan Pinjaman Online  Saingan  Perbankan, Persyaratan Mudah  Biaya  Admin Tidak  Transparan

Pinjaman online-depositphotos.com-

 RADARTEGAL.DISWAY.ID-Pinjol alias pinjaman online selama  ini kerap dijadikan alternatif pilihan ketika  akan renovasi rumah hingga modal bisnis usaha memang dikenal bentuk  usaha menyediakan layanan finansial. Ternyata ada kelebihan kekurangan pinjaman online atau lebih dikenal dengan sebutan Fintech tehnologi digital ini.

Kelebihan  Pinjaman Online

 Aktivitas pinjaman online memang  mengasyikkan yang pada dasarnya membantu  masyarakat yang  membutuhkan. Atau mengakses produk-produk keuangan dan juga  menyederhanakan proses transaksi. Begitulah  pinjol mampu menghadirkan inovasi  baru yang kegiatannya  tidak kalah dengan perbankan

 Saingan Perbankan

 Inovasi pinjaman online  membuat dunia perbankan  mengalami pembaharuan besar, bahkan keberadaan pinjol  atau fintech oleh masyarakat dianggap saingan perbankan.

  Hal itu lantaram semua aktivitasnya mirip dengan bank  kemudian pula bisa dijadikan strategi penting meningkatkan dann mengakeselerasi perbankan melalui kolaborasi dan kemitraan.

 Model Bisnis Kekinian

 Tidak hanya sebatas layanan simpan pinjam saja ternyata finteh  dan platform digital  menawarkan model bisnis keuangan kekinian. Dalam arti  pelayanan tidak cuma simpan pinjam semata-mata tetapi memakai tehnologi digital ,  media  sosial Whatspp dan smartphone menjadi produk keuangan  berbasis digital .

 Persyaratan Mudah

 Hal menarik dari kelebihan   dari pinjaman online adalah persyaratan mudah, atau dalam arti fintech ketika masyarakat ingin mengajukan peminjaman.  Persyaratan mudah tanpa ribet  mendetail seperti layanan pinjaman konvensional seperti koperasi ataupun bank,

Pinjaman online atau P2P Lending hanya KTP, nomor telephone, NPWP, nomor rekening dan slip gaji. Kemudian pencairan mudah tidak lebih dari 24 jam dan begitu mudahnya fintech,pinjol menjadi sangat popuer di berbagai kalangan.

 Kekurangan Fintech

 Bunga Tinggi

 Meski pinjaman online atau pinjol  memiliki banyak kelebihan seperti sistem kerja mirip perbankan hingga  persyaratan mudah. Namun, dibalik itu semua ada kekurangan yang penting dipahami salah satunya bunga tinggi dan tenor waktu juga ringkas.

 Bahkan juga  waktu pembayaran terbilang    pendek dan membuat kondisi demikian kerap  terjadi gagal bayar yang menjadi fenomena  akhir-akhir ini. Tingkat bunga tinggi tidak  dipungkiri sebagai titik kelemahan pinjol perlu hati-hati apalagi  sekarang  muncul pinjol ilegal.

 Biaya  Admin Tidak  Transparan

 Bukan saja tingkat bunga tnggi kekurangan lain pinjaman online adalah biaya admin tidak transparan. Tidak diketahui secara pasti, mengapa biaya admin pinjol tidak pernah transparan seperti layanan konvensional,

Tiba-tiba saat melakukan pembayaran cicilan  jumlah hutang yang wajib dibayar lebih besar dari kesepakatan awal. Tidak sampai situ saja, nasabah harus membayar biaya denda                                  keterlambatan  dan denda lain notabene tidak masuk akal                                                                                                     

 Galbay 

 Kekurangan lain perlu dimengerti adanya galbay yang akhir-akhir ini muncul polemik di kalangan masyarakat lantaran kemungkinan rendahnya literasi keuangan.  Efek literasi keuangan yang rendah memicu masalah gagal bayar tidak  mampu lagi melunasi cicilan yang  menumpuk

 Tidak sedikit, kisah cerita tersebar di media sosial yang mengisahkan adanya  ancaman  hingga penyebaran data  pribadi gara-gara galbay pinjol. Bahkan hutang mencapai ratusan juta hanya karena tidak mau membayar cicilan kredit dan begitulah kelemahan pinjaman online penting diwaspadai.

  Tagihan Debt Collector

 Gagal bayar alias galbay menjadi satu dari sisi negatif dari pinjaman online, tetapi ingat dampak  besar dari galbay adalah tagihan debt collector. Debt Collector yang ditugaskan  menagih utang memiliki karakter membuat nasabah takut akan berbagai kecaman, ancaman.

 Biasanya kecaman  yang berisi masuk ke pengadilan kemudian mengancam dipecat dari pekerjaan. Oleh karena itu, hati-hati   terhadap  pinjaman online yang lebih baik tidak melakukan pengajuan karena belum tentu diterima pengajuan. Itulah tadi kelebihan   dan kekurangan  pinjaman online yang penting dipahami dan diketahui.*

 

 

Sumber: