50 Kepala Keluarga di Desa Tembok Banjaran, Kabupaten Tegal Akan Diberi Edukasi Pentingnya Program JKN

50 Kepala Keluarga di Desa Tembok Banjaran, Kabupaten Tegal Akan Diberi Edukasi Pentingnya Program JKN

Kades Tembok Banjaran, Mustamid (kiri) menjelaskan capaian pesiar yang akan dilanjutkan dengan edukasi pentingnya program jkn.--

Menurut Wahyu, hingga 1 September 2023 tercatat jumlah peserta JKN di Kabupaten Tegal ada 1.468.187 jiwa, dari total jumlah penduduk 1.697.906 jiwa. Ini berarti 86,47% warga di Kabupaten Tegal telah terlindungi jaminan kesehatan. 

Sebagai bahan edukasi pentingnya program JKN, sesuai data yang dimiliki BPJS Kesehatan, tercatat mayoritas peserta JKN di wilayah ini adalah segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN. Disusul peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). 

Kendala lainnya yang ditemukan di lapangan, yakni kepemilikan rekening bank yang bekerjasama sebagai syarat pendaftaran peserta baru. Ini akan diatasi melalui kerjasama dengan bank terkait upaya jemput bola membuka layanan pendaftaran bank untuk warga di kantor desa setempat.

Demikian informasi tentang edukasi pentingnya program JKN melalui agen PESIAR di Desa Tembok Banjaran Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. (*)

Sumber: