4-17 September 2023 Ada Operasi Zebra Candi 2023, Polisi Dilarang Razia di Jalan Raya Diganti Gunakan Drone

4-17 September 2023 Ada Operasi Zebra Candi 2023, Polisi Dilarang Razia di Jalan Raya Diganti Gunakan Drone

Jajaran Ditlantas Polda Jawa Tengah melakukan persiapan Operasi Zebra Candi 2023 mulai, Senin 4 September 2023 lusa.--

RADAR TEGAL - Polda Jateng akan menggelar Operasi Zebra Candi 2023 selama dua pekan mulai, Senin-Minggu, 4-17 September 2023. Operasi akan mengedepankan fungsi lalu lintas sebagai leading sektor kegiatan operasi.

Meski mengedepankan giat edukatif dan persuasif secara humanis, Operasi Zebra Candi 2023 juga didukung penegakan hukum lantas. Baik secara elektronik statis dan mobile, juga teguran simpatik dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho saat menggelar pelatihan Pra Operasi Zebra Candi 2023 mengatakan kegiatan Operasi Zebra Candi 2023 sudah berkali-kali dilakukan. Setiap tahun dilaksanakan secara serentak.

Dan pada tahun ini, papar Dirlantas, cara bertindak disesuaikan dengan situasi terkini yakni menjelang pelaksaaan Pemilu 2024. "Artinya cara bertindak saat melakukan kegiatan Operasi Zebra Candi 2023 menyesuaikan dengan situasi dan kondisi saat ini."

"Jangan sampai menimbulkan pro kontra kepada masyarakat, apalagi dalam rangkaian kegiatan pemilu maupun partai tertentu agar tidak berimbas ke ranah politik," kata Kombes Pol Agus Suryo Nugroho di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kamis 31 Agustus 2023.

Tak ada razia di jalan raya

Kombes Pol Agus Suryo Nugroho menegaskan tidak ada anggota polisi yang menggelar razia di jalan secara stasioner. Penindakan dilakukan secara mobile maupun hunting, dengan 80 persen dilakukan secara ETLE atau tilang elektronik.

"Dalam rangka mendukung Operasi Zebra Candi 2023, selain menggunakan etle statis, etle mobile dan penindakan secara manual, Polda Jawa Tengah dan jajaran akan menggunakan etle mobile drone. Ini untuk memberikan efek jera kepada pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah," tegasnya. 

Dirlantas mengingatkan kepada jajarannya, tentang tujuan pelaksanaan Operasi Zebra yakni menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan angka fatalitas. Selain itu juga meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas. 

“Jadi operasi yang digelar bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, tetapi wujud kecintaan Polri kepada masyarakat. Yaitu sebagai upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas, maupun fatalitas korban laka di jalan,” imbuh Dirlantas.

Demikian informasi tentang pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023, selama dua pekan mendatang dari tanggal 4-17 September 2023. (*)

Sumber: