Akhirnya, Penetapan RSUD Ir Soekarno Sebagai BLUD Tinggal Menunggu SK

Akhirnya, Penetapan RSUD Ir Soekarno Sebagai BLUD Tinggal Menunggu SK

Tim visitiasi persyaratan penetapan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) yang diketuai Sekda Brebes, Djoko Gunawan (dua dari kiri) saat berkunjung ke RSUD Ir Soekarno Ketanggungan, Selasa 29 Agustus 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Berbagai upaya dan usaha luar bisa oleh semua jajaran direksi RSUD Ir Soekarno Ketanggungan dalam memenuhi seluruh persyaratan teknis seperti laporan keuangan, aset, komitmen pelayanan dan lainnya akhirnya membuahkan hasil. Yakni, penetapan RSUD Ir Soekarno Ketanggungan sebagai BLUD tinggal menunggu BLUD.

Tim visitiasi persyaratan penetapan Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD) yang diketuai Sekda Brebes, Djoko Gunawan melakukan visitasi di rumah sakit milik pemerintah tersebut, Selasa 29 Agustus 2023.

Direktur RSUD Ir Soekarno Ketanggungan, dr. Ali Budiarto menyampaikan ucapan terimaksih pada seluruh tim visitasi dan juga staf dan karyawan atas kerja keras dan dedikasinya. Menurutnya, dari visitasi tersebut disimpulkan bahwa rumah sakit tersebut telah layak dijadikan sebagai BLUD. 

Dengan kata lain, kata dia, jika sudah ditetapkan sebagai BLUD, pihak rumah sakit bisa mencari doker spesialis non PNS yang dibayar dari tata kelola rumah sakit.

"Ketika dibahas masalah kekurangan sarpras untuk bisa melakukan kerja sama dengan BPJS, di antaranya kelengkapan alat ICU / NICU / Perinatologi dan kelengkapan dokter spesialis, dengan ditetapkannya RSUD sebagai BLUD maka rumah sakit bisa mencari doker spesialis non PNS yang di bayar dari tata kelola rumah sakit. Kelengkapan dokter spesialis ini menjadi persyaratan untuk kerjasama dengan BPJS," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes Ineke Tri Sulistiowati menjelaskan, diharapkan setelah penetapan sebagai BLUD nanti rumau sakit bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Terutama pemenuhan persyaratan menjalin kerjasama atau MoU dengan BPJS agar segera bisa melayani masyarakat di wilayah Brebes tengah dan sekitarnya. Saat itu RSUD Ir. Soekarno Ketanggungan tinggal menunggu SK penetapan BLUD. 

"Setelah ini nantinya diharapkan dapat melengkapi persyaratan untuk kerjasama dengan BPJS, sehingga pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal," pungkasnya.***

Sumber: