Kena Jeratan Pinjol Ilegal? Jangan Pasrah, Begini Cara Mengatasinya Supaya Pinjol Tidak Galbay

Kena Jeratan Pinjol Ilegal? Jangan Pasrah, Begini Cara Mengatasinya Supaya Pinjol Tidak Galbay

Hindari pinjol galbay yang bisa menyebabkan kerugian pada performa loan milik kita.--

RADAR TEGAL - Tak sedikit warga dan masyarakat yang bermasalah dengan pinjaman online alias pinjol ilegal. Karena itu, kita perlu mengetahui cara mengatasinya supaya pinjol tidak gagal bayar alias galbay.  

Harus kita akui bahwa industri fintech peer to peer lending atau pinjol banyak dijadikan solusi, mereka yang membutuhkan uang secara cepat dan mudah. Itulah sebabnya keberadaannya semakin dibutuhkan masyarakat sebagai alternatif pembiayaan.

Data yang diperoleh hingga Juni 2022 silam, tercatat ada sekitar 85 juta peminjam pinjol dengan total penyaluran mencapai Rp400,42 triliun. Ironisnya, ribuan perusahaan tergolong pinjol ilegal, karena hanya ada 102 pinjol yang terdaftar.

Nah, kemudahan mendapatkan pinjol inilah yang menjadi fakus utama masyarakat. Sehingga tidak sedikit yang akhirnya menjadi korban pinjol, karena gagal galbay. Lalu bagaimana cara mengatasinya supaya pinjol tidak galbay?

Mengatasi supaya pinjol tidak galbay

Kemudahan pinjol memberikan pinjaman uang membuat orang kerap lupa, melakukan validasi tentang keabsahan lembaga pinjol tersebut. Sehingga tak jarang yang berakhir tragis, karena menjadi nasabah yang galbay, dan mendapatkan teror dari debt collector.

Tak sedikit pula yang kemudian harus memutar otak, mencari cara untuk keluar dari jeratan pinjol. Dalam artikel ini akan membahas sharing tentang cara mengatasi supaya pinjol tak sampai galbay di antaranya:

1. Metode Debt Avalanche

Cara ini dilakukan seseorang dengan melakukan pembayaran minimum pada semua akun terutang milikinya. Sisa uang yang kita miliki, dialokasikan untuk melunasi utang dengan tingkat bunga yang tertinggi.

Dengan Menggunakan metode ini akan menghemat pembayaran bunga, tetapi membutuhkan tingkat kedisplinan yang tinggi pula. Metode ini memiliki kelebihan meminimalisasikan jumlah bunga yang harus terbayar dan mengurangi jumlah waktu hutang atau pinjaman.

Metode pembayaran ini memerlukan kedisplinan yang ekstra tinggi. Selain itu juga membutuhkan pendapatan tambahan yang stabil.

2. Metode Debt Snowball

Cara yang kedua ini lebih fokus pada utang dengan jumlah nominal yang paling kecil. Yakni dengan melakukan pembayaran minimum untuk semua hutang, lalu melunasi utang yang terkecil lebih dahulu sebelum menyelesaikan utang yang lebih besar.

Dengan strategi pembayaran utang ini, ternyata bisa memotivasi pelunasan satu persatu dari yang kecil sampai ke yang besar. Menggunakan cara pelunasan utang ini akan lebih mudah melakukanmya.

Sumber: