Kwarcab Kabupaten Tegal Siap Sambut Estafet Tunas Kelapa, Ini Jadwal dan Lokasinya

Kwarcab Kabupaten Tegal Siap Sambut Estafet Tunas Kelapa, Ini Jadwal dan Lokasinya

Ketua Kwarcab Kabupaten Tegal dr Widodo Joko Mulyono M.Kes berkoordinasi dengan Dandim 0712 Tegal menyambut Estafet Tunas Kelapa.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Kwarcab Pramuka Kabupaten Tegal bersiap sambut Estafet Tunas Kelapa atau ETK.

ETK merupakan salah satu tradisi dalam Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Tengah dalam menyongsong Hari Jadi Pramuka. 

Ketua Kwarcab Kabupaten Tegal dr Widodo Joko Mulyono Mkes menyatakan, wilayahnya termasuk yang akan dilalui jalur ETK dari arah selatan, utara, dan timur.

"Sesuai rencana serah terima akan dilakukan Sabtu 26 Agustus 2023 dari Kwarcab Brebes ke Kwarcab Kabupaten Tegal dengan mengambil tempat di obyek wisata Pasar Sumpring Desa Cempaka Kecamatan Bumijawa pada pukul 10.00 WIB. Dengan pembina Bupati Tegal Dra Umi Azizah. Sementara untuk wilayah utara, serah terima dari Kwarcab Kota Tegal dengan Kwarcab Kabupaten Tegal akan dilakukan di lapangan Desa Pagongan Kecamatan Dukuhturi pada pukul 16.00 WIB dengan pembina Dandim 0712 Tegal Letkol Inf Suratman SIP ," ujarnya usai menggelar rapat koordinasi persiapan Kamis 24 Agustus 2023.

BACA JUGA:Peringati Hari Pramuka, Kwarcab Kabupaten Tegal Bertekad Wujudkan SDM Profesional

BACA JUGA:Antisipasi Berkendara Ugal-ugalan, Anggota Kwarcab Brebes Digembleng Tertib Berlalu Lintas

Sementara untuk wilayah timur, Kwarcab Kabupaten Tegal dengan Kwarcab Pemalang akan dilangsungkan hari Minggu 27 Agustus 2023 di Desa Suniarsih Kecamatan Bojong dengan pembina Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK. 

"Estafet Tunas Kelapa ini akan berakhir rutenya di Kwarcab Pemalang, dan sekaligus akan diserahkan saat Upacara Hari Pramuka ke 62 di Kwarcab Pemalang. Kami berharap agar semua kegiatan di tiga tempat tersebut dapat sukses dalam pelaksanaannya," cetusnya. 

Ditegaskan kegiatan Estafet Tunas Kelapa (ETK) Kwartir Daerah Jawa Tengah Tahun 2023 ini bertujuan untuk memasyarakatkan peran Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda dan dalam rangka menyemarakkan 62 Tahun Gerakan Pramuka.

“Kegiatan ETK dapat meningkat mantapkan perasaan dan semangat, persaudaraan, persatuan, kesatuan, secara internal pada jajaran Pramuka dan secara umum menyatu erat di masyarakat. Melakukan secara nyata, perwujudan Dasa Dharma Pramuka. mengokohkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang ber Bhinneka Tunggal Ika,” ungkapnya. 

BACA JUGA:Kwarcab Tegal Maraton Cetak 2.000 Pramuka Garuda

BACA JUGA:Dinkominfotik Beri Pelatihan Lima Anggota Kwarcab Kelola Website

Joko menambahkan ETK akan menggungah masyarakat lebih mencintai Pramuka.

Dan Pramuka akan dikenal karena kebersamaan dengan masyarakat. Kegiatan ini juga untuk membangun kebersamaan dan kesinambungan. *

Sumber: