Antisipasi Berkendara Ugal-ugalan, Anggota Kwarcab Brebes Digembleng Tertib Berlalu Lintas

Antisipasi Berkendara Ugal-ugalan, Anggota Kwarcab Brebes Digembleng Tertib Berlalu Lintas

Kasat Lantas Polres Brebes memberikan edukasi tentang rambu-rambu lalin kepada anggota pramuka Kwarcab Brebes.-Syamsul Falaq-

BREBES, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Puluhan anggota pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Brebes, digembleng tertib berlalu lintas

Penggemblengan dikemas dengan kegiatan edukasi dan sosialisasi tata cara tertib berlalu lintas dengan materi pendidikan disiplin dan patuh berkendara di jalan raya. 

Hal itu, terungkap saat Kasat Lantas Polres Brebes menjadi narasumber Pendidikan Masyarakat Berlalu Lintas, Senin 3 Juli 2023. 

Bertempat di Aula Kwarcab, puluhan anggota pramuka antusias mengikuti materi tentang rambu-rambu, tata tertib, disiplin dan teknik berkendara aman di jalan raya.

BACA JUGA:Muncul dari Keprihatinan, Cam Kreatif Brebes Dorong Anak Muda Berkreasi

"Kasat Lantas Mengajar, menjadi bagian program Polda Jateng. Fokusnya, memberikan edukasi tentang tertib, disiplin dan patuh berlalu lintas," ungkap Kasat Lantas AKP Edi Sukamto kepada Radar Tegal.

Sejumlah materi tertib berlalu lintas, lanjut Edi, bertujuan agar pelajar tetap aman dan nyaman berkendara. 

Termasuk, menjadi pelopor dalam tertib berlalu lintas di jalan raya. Sekaligus, menggencarkan edukasi guna mencegah pelajar tidak berkendara ugal-ugalan.

"Pembelajaran disiplin, tertib dan patuh berlalu lintas. Memang fokus pada pelajar guna menekan tingginya kasus laka lantas di kalangan pelajar," terangnya.

BACA JUGA:Bejat! Paman di Brebes Tega Berbuat Asusila pada Bocah Usia 6 Tahun

Edi Sukamto menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi faktor kecelakaan terjadi akibat perilaku pengendara itu sendiri. 

Sehingga, melalui edukasi kepada pelajar dan anggota pramuka budaya tertib berlalu lintas bisa terwujud. Harapannya, pelajar bisa menyebarluaskan kepada saudara bahkan orang tuanya untuk tertib lalu lintas.

"Dalam edukasi patuh, tertib dan disiplin berlalu lintas. Sengaja memutar video pemberian kaki palsu pada pelajar yang menjadi korban laka lantas. Sehingga, itu menjadi pengingat bersama," ujarnya.

Edi Sukamto menuturkan, selain pemberian materi dan video tentang risiko laka lantas saat berkendara. Pihaknya mengaku, terus mengoptimalkan edukasi pentingnya memahami berbagai rambu-rambu lalu lintas. 

Sumber: