BREAKING NEWS! Tarif Baru Tol Kanci-Pejagan Brebes Berlaku Mulai Malam Ini, Berikut Besarannya

BREAKING NEWS! Tarif Baru Tol Kanci-Pejagan Brebes Berlaku Mulai Malam Ini, Berikut Besarannya

MELINTAS - Kendaraan melintas di Gerbang Tol (GT) Pejagan, Brebes, Jawa Tengah menjelang penyesuaian tarif Jalan Tol Kanci-Pejagan.-EKO FIDIYANTO-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Penyesuaian tarif Tol Kanci-Pejagan Brebes akan berlaku pada 24 Agustus 2023 tepat pukul 00.00 WIB. Tarif terbaru jalan Tol Kanci-Pejagan, Transjawa yang menghubungkan wilayah Jawa Barat dengan Jawa Tengah ini naik sebesar 6,7 persen. 

Penyesuaian tarif Tol Kanci-Pejagan mulai dari Rp2000 - Rp4000 dari tarif sebelumnya untuk masing-masing golongan kendaraan. Kenaikan tarif baru tertuang dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 909/KPTS/M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan. 

Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif Tol Kanci-Pejagan berlaku setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi. 

Manager Operasional PT Semesta Marga Raya Uum Jumadi mengatakan, pihaknya memberlakukan penyesuaian tarif sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 909/ KPTS/ M/2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Kanci-Pejagan.

"Terhitung mulai 24 Agustus 2023 pukul 00.00 WIB, penyesuaian tarif tol diberlakukan pada ruas tol yang dikelola oleh PT Semesta Marga Raya," kata Uum Jumadi di Gerbang Tol (GT) Pejagan Brebes, Rabu 23 Agustus 2023.

BACA JUGA:Hidup Lagi Capek-capeknya, 2 Tarif Jalan Tol Jagorawi dan Sedyatmo Malah Naik Mulai Hari Ini

BACA JUGA:Mitos 4 Jalan Tol yang Terkenal Angker, Ada Batu yang Susah Dipindah Hingga Pohon yang Sulit Dirobohkan

Uum Jumadi menjelaskan, selain sebagai penghubung, jalan tol ini juga dinilai mampu memangkas waktu perjalanan dari Jawa Barat menuju Jawa Tengah. Tepatnya dari Cikampek hingga Semarang. 

Jalur tol ini mendorong percepatan distribusi logistik atau perpindahan arus barang dan orang. Dia melanjutkan, penyesuaian tarif ini dilakukan sebagai wujud kepastian pengembalian investasi (menjaga kepercayaan investor) sesuai business plan serta membangun iklim investasi jalan tol yang kondusif. 

Serta pemenuhan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) sebagai suatu kerja sama pemerintah dengan badan usaha, pemenuhan SPM, peningkatan pelayanan hingga mendukung mobilitas logistik.

Uum Jumadi menuturkan, jalan tol yang membentang dari Kanci hingga Pejagan Brebes sejauh 35 Km ini mulai beroperasi sejak tahun 2010. Ruas tol ini mempunyai 3 gerbang tol sebagai akses masuk di wilayah Kanci hingga Pejagan dan sekitarnya. 

BACA JUGA:Jalan Tol di Jawa Timur Ini Bisa Bernyanyi Saat Dilewati, Lagu Happy Birthday Muncul di KM 616, Dimana?

BACA JUGA:5 Jalan Tol Terunik di Indonesia, Ada yang Mengluarkan Suara Seperti Nyanyian Jika Kecepatannya 80Km per Jam

Keempat gerbang tol tersebut yaitu Gerbang Tol (GT) Ciledug 1, GT Ciledug 2,  dan GT Pejagan. Seluruh gerbang tol menggunakan sistem transaksi tertutup non tunai yang terintegrasi dengan Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Cikampek-Palimanan, Palimanan-Kanci, Pejagan-Pemalang dan Pemalang-Batang. 

Sumber: radartegal.disway.id