Mitos 4 Jalan Tol yang Terkenal Angker, Ada Batu yang Susah Dipindah Hingga Pohon yang Sulit Dirobohkan

Mitos 4 Jalan Tol yang Terkenal Angker, Ada Batu yang Susah Dipindah Hingga Pohon yang Sulit Dirobohkan

Mitos 4 jalan tol yang terkenal angker di Indonesia, salah satunya adalah Tol Cipali.-foto; radar cirebon-

RADAR TEGAL - Jalan tol atau bebas hambatan di Indonesia yang mulai dibangun sejak 1973 lalu, membentang sepanjang 2.623,51 kilometer. 4 jalan tol di antaranya mempunyai mitos, baik cerita mistis maupun keangkerannya. 

Sekadar informasi dari 2.623,51 kilometer panjang tol di Tanah Air, 1.167 kilometer di antaranya merupakan Jalan Tol Trans Jawa. Nah, keempat ruas jalan bebas hambatan yang dikenal memiliki mitos dan engker itu terdapat di beberapa wilayah di Pulau Jawa. 

Mitos-mitos tersebut berawal saat kali pertama pembangunan jalan tol, yang harus membuka lahan berupa hutan maupun perbukitan. Lokasi-lokasi itulah yang kemudian tanpa disadari banyak yang dipercaya memiliki mitos tertentu, utamanya terkait dengan hal-hal mistis.

Ironisnya, kondisi tersebut pun hingga kini masih terus dipercayai sebagian orang yang wilayahnya terlewati pembangunan proyek strategis nasional (PSN) tersebut. Apalagi di keempar ruas tersebut sering terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan.

Di bawah ini merupakan empat jalan bebas hambatan di Pulau Jawa yang terkenal dengan mitos kemistisan dan keangkerannya. Memang hal tersebut tidak untuk dipercayai, tetapi hanya sebagai pengingat untuk selalu berhati-hati saat melintasinya.

Mitos 4 jalan tol yang terkenal angker

1. Tol Jagorawi 

Tol Jagorawi merupakan ruas tol pertama di Indonesia yang dibangun di Indonesia. Tol ini dibangun pada tahun 1973, saat pemerintahan Presiden Soeharto.

Jalan bebas hambatan yang menguhubungkan Jakarta, Bogor, dan Ciawi ini menjadi andalan para pengendara untuk menuju Bogor dan Ciawi atau sebaliknya. Tol ini juga menyimpan beberapa cerita misteri yang cukup terkenal.

Konon akibat mitos tersebut, banyak yang mempercainya sejumlah peristiwa kecelakaan serius di tol ini. Namun penyebab sebenarnya bisa dikaitkan dengan lalu lintas padat dan kondisi jalan yang licin saat hujan.

Salah satu kecelakaan yang paling dikenang yang terjadi di jalan tol paling angker di Indonesia ini adalah peristiwa kecelakaan yang terjadi pada salah satu anak musisi Ahmad Dhani, Dul Jaelani yang menyebabkan 6 orang tewas.

Selain itu, ada pula M Rasyid Amrullah, putra mantan Ketum PAN, Hatta Rajasa juga pernah mengalami kecelakaan di salah satu dari 4 jalan tol mempunyai mitos dan terkenal angker. Akibat kejadian tersebut dua korban tewas.

2. Tol Cipali

Tol Cipali, sebuah jalan tol yang menghubungkan Cirebon dan Palimanan. Tol ini memiliki reputasi sebagai salah satu jalan tol terpadat dan paling penting di Jawa Barat. 

Sumber: