5 Jalan Tol Terunik di Indonesia, Ada yang Mengluarkan Suara Seperti Nyanyian Jika Kecepatannya 80Km per Jam

5 Jalan Tol Terunik di Indonesia, Ada yang Mengluarkan Suara Seperti Nyanyian Jika Kecepatannya 80Km per Jam

Ilustrasi: Jalan Tol Bali Mandara-wartabalionline.com-

RADAR TEGAL - Jalan tol adalah bagian penting dari pembangunan di Indonesia. Selain membantu kelancaran lalu lintas masyarakat, jalan tol juga membantu percepatan distribusi barang dan jasa.

Pembangunan jalan tol telah dimulai sejak tahun 1978, dan sekarang tidak hanya berfokus pada fungsi utamanya saja. Beberapa jalan tol juga dibangun dengan keunikan dan ciri khas tersendiri.

Berikut adalah beberapa jalan tol unik di Indonesia beserta ciri khasnya, seperti yang radartegal.disway.id kutip dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol.

BACA JUGA:Bus Kebanggaan Wong Ngapak! Sejarah PO Dewi Sri Bermula dari Penjual Beras Sekarang Menjadi PO Sukses

1. Jalan Tol Bali Mandara

Jalan Tol Bali Mandara adalah jalan tol pertama di Pulau Bali dan jadi yang pertama di Indonesia yang berada di atas laut.

Karena itu, Jalan Tol Bali Mandara punya julukan unik sebagai jalan tol terapung. Selain itu, yang membuatnya lebih khas adalah jalur khusus untuk sepeda motor, yang tidak dimiliki oleh jalan tol lainnya.

Jalan Tol Bali Mandara diresmikan dan beroperasi sejak tahun 2013, dan panjangnya mencapai 12,7 kilometer.

2. Jalan Tol Ngawi - Kertosono - Kediri

Jalan Tol Ngawi - Kertosono - Kediri telah lama dikenal karena adanya speed trap yang membuatnya disebut sebagai "singing road."

Ini karena marka jalan berbentuk rumble strip atau polisi tidur yang tipis itu akan mengeluarkan suara ketika kendaraan melewatinya.

Singing road pertama dipasang di Tol Ngawi-Kertosono-Kediri Km 616 dengan 2 nada, dan yang kedua dipasang di Km 644+200 ke arah Madiun-Solo dengan 6 nada, menghasilkan lagu "Selamat Ulang Tahun."

Nada akan terdengar jelas jika mobil bergerak dengan kecepatan antara 80 hingga 100 km per jam. Namun, jika mobil berjalan lebih cepat atau lebih lambat dari kecepatan tersebut, maka suara tersebut tidak akan terdengar dengan baik.

BACA JUGA:Mimpi Seorang Kondektur sampai Menjadi Direktur, Berikut Sejarah PO Dedy Jaya yang Menginspirasi

3. Jalan Tol Cisumdawu

Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) adalah tol pertama di Indonesia yang memiliki terowongan.

Tidak hanya satu, tapi ada dua terowongan di Jalan Tol Cisumdawu yang sering disebut sebagai terowongan kembar atau twin tunnel.

Terowongan ini dianggap sebagai terowongan jalan tol terpanjang di Indonesia, dengan panjang mencapai 472 meter.

Lokasi terowongan ini terletak di Seksi 2 ruas Rancakalong - Sumedang, tepatnya di desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

4. Jalan Tol Semarang-Solo

Jalan Tol Semarang-Solo memiliki gerbang tol yang terkenal karena keindahannya, yaitu Gerbang Tol Salatiga.

Gerbang Tol ini juga dikenal sebagai Panoramic Toll Road karena memberikan pemandangan indah kepada para pengendara, dengan latar belakang Gunung Merbabu. Pada hari-hari cerah, pengendara juga bisa melihat jelas Gunung Merapi, Sindoro, dan Sumbing.

Karena pesonanya yang memukau, banyak orang di dunia maya membandingkan Gerbang Tol Salatiga dengan salah satu pemandangan entrance highway di Gotthard, Swiss.

Pemandangan indah ini bisa dinikmati oleh pengendara yang melintas di ruas Bawen-Salatiga, khususnya dari arah Semarang.

BACA JUGA:Bukan Sekedar Opini! Ini yang Bakal Terjadi Jika Kota Tegal Jadi Ibukota Jawa Tengah

5. Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Tol Permai) adalah contoh upaya pembangunan jalan tol yang memperhatikan kelestarian ekosistem.

Jalan tol ini dibangun dengan mempertimbangkan habitat satwa yang dilindungi, seperti gajah, dengan memasang beberapa underpass sebagai terowongan perlintasan gajah.

Underpass ini bukan hanya tempat bagi gajah untuk melewati jalan tol, tetapi juga berfungsi untuk menjaga keselamatan para pengguna jalan tol.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai memiliki panjang 131,5 km dan menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang pembangunannya dimulai sejak tahun 2016.

Demikian informasi tentang 5 jalan tol terunik di Indonesia. Temukan banyak informasi unik lainnya, hanya di radartegal.disway.id. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: