Menguak 5 Legenda Gunung di Jawa Timur yang Terkenal Mistis dan Bersejarah

Menguak 5 Legenda Gunung di Jawa Timur yang Terkenal Mistis dan Bersejarah

Menguak 5 Legenda Gunung di Jawa Timur yang Terkenal Mistis dan Bersejarah--

RADAR TEGAL - Artikel ini akan membahas 5 legenda Gunung di Jawa Timur yang sangat dikenal mistis namun memiliki sejarah yang bernilai tinggi.

Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia, ia juga merupakan bagian dari pulau jawa yang berletak di bagian timur pulau tersebut.

Selain itu Jawa Timu adalah salah satu provinsi yang kental dengan kekayaan alamnya, termasuk gunung-gunungnya.

Gunung-gunung di provinsi Jawa Timur memiliki keindahaan serta kemegahan tersendiri. Adapun gunung di Jawa Timur menyimpan berbagai legenda yang menarik untuk dibahas.

Legenda gunung di Jawa Timur sebenarnya sudah ada sejak zaman kakek buyut kita, bahkan beberapa legendanya sudah diceritakan secara turun temurun dari generasi ke generasi.

Selain itu legenda gunung di Jawa Timur tersebar di berbagai tempat atau wilayah bagian timur pulau jawa ini. Beberapa diantara legenda yang terkenal ialah legenda Gunung Arjuno, legenda Gunung Bromo, legenda Gunung Penanggungan, legenda Gunung Semeru, dan legenda Gunung Kawi.

Legenda gunung di Jawa Timur juga biasanya mengisahkan tentang bagaimana asal-usul, atau sifat dan karakteristik gunung tersebut.

Berikut sudah kami rangkum 5 legenda gunung di Jawa timur yang berasal dari berbagai sumber:

1. Legenda Gunung Arjuno

Legenda Gunung Arjuno mengisahkan tentang cerita cinta antara Arjuna dengan Dewi Supraba yang dirinya merupakan putri dari Batara Indra.

Dewi Supraba yang jatuh hati dengan Arjuna menyamar sebagai bidadari yang bernama Wilutama. Arjuna yang melihat pesona kecantikan Wilutama pun akhirnya jatuh cinta.

Namun hubungan mereka tidak direstui oleh Batara Indra. Akhirnya Batara Indra mengutuk Wilutama menjadi batu.

Melihat kekasihnya dikutuk, Arjuna hanya bisa menangis di batu Wilutama. Konon batu tersebut berubag menjadi gunung yang sekarang dinamakan Gunung Arjuno.

2. Legenda Gunung Bromo

Sumber: