Menguak 5 Legenda Gunung di Jawa Timur yang Terkenal Mistis dan Bersejarah

Menguak 5 Legenda Gunung di Jawa Timur yang Terkenal Mistis dan Bersejarah

Menguak 5 Legenda Gunung di Jawa Timur yang Terkenal Mistis dan Bersejarah--

Legenda Gunung Kawi meceritakan tentang kisah cinta antara Raja Jayabaya, raja dari Kerajaan Kediri, dengan Dewi Kilisuci, seorang putri yang berasal dari Kerajaan Medang.

Raja Jayabaya dan Dewi Kilisuci kemudian menikah dan memiliki seorang putra, Jayanegara. Selanjutnya menggantikan tugas ayahnya Jayanegara kemudian menjadi raja Kediri.

Begitulah legenda gunung-gunung yang adad i Provinsi Jawa Timur.

Legenda gunung di Jawa Timur umumnya menceritakan secara lisan bagaimna sejarah dan asal usul dari gunung tersebut. Biasanya legendanya diceritakan secara lisan dari generasi ke generasi. Adapun legenda yang ditayangkan melalui industri perfilman.

Kesimpulan

Legenda-legenda gunung di Jawa Timur merupakan bagian dari kekayaan budaya dan sejarah provinsi ini. Legenda-legenda tersebut tidak hanya menarik untuk disimak, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk melestarikan budaya dan sejarah Jawa Timur.

 

Selain legenda-legenda yang disebutkan di atas, masih banyak legenda gunung lainnya yang ada di Jawa Timur. Legenda-legenda tersebut merupakan kekayaan budaya yang perlu dilestarikan dan diceritakan kepada generasi mendatang.***

Sumber: