3 Teori Masuknya Islam ke Nusantara, Salah Satunya Ada Campur Tangan Panglima Muslim China

3 Teori Masuknya Islam ke Nusantara, Salah Satunya Ada Campur Tangan Panglima Muslim China

3 Teori Masuknya Islam ke Nusantara, Salah Satunya Ada Campur Tangan Panglima Muslim China--Sumber Gambar: SINDONews

Adaoun pendapat lain yang mengatakan jika pendududk China yang bermigrasi ke wilayah Asia Tenggara yang salah satu tujuaannya ialah Indonesia.

3. Teori Pedagang Gujarat

Terakhir teori masuknya Agama Islam di Indonesia dibawa oleh pedagang Gujarat atau pedagang India.

Para sejarahwan beranggapan kalau pedagang Gujarat memiliki peran besar dalam masuknya Agama Islam di Nusantara.

BACA JUGA:Baca Surat Ini Saat Hendak Masuk Rumah, Wasiat Dari Mbah Moen yang Dipecaya Membuat Rezeki dan Berkah Mengalir

Diyakini mereka datang ke tanah air pada abad ke-13 di Malaka yang kemudian pindah ke pesisir batat Sumatera. Merekqa juga diyakini membawa ajaran Islam di Nusantara yang nantinya akan melahirkan Kerajaan Samudera Pasai.

Bukti kuat yang berdasar dari teori ini ialah penemuan makam Malik As-Saleh yang beliau merupakan orang yang mendirikan Kerajaan Samudera Pasai.

Jadi begitulah 3 teori masuknya Islam di Nusantara. Selain 3 teori tersebut sebenarnya masih ada teori lain yang mendasar dengan masuknya Agama Islam di Indonesia.

Walaupun belum secara resmi dipastikan bagaimana Islam masuk ke Nusantara, kita sebagai penganut Agamanya seharusnya bisa lebih bertakwa dan senantiasa beribadah kepaa Allah SWT sebagai tuhan kita dan hanya kepadanyalah kita memohon ampunan dosa.

Kesimpulan

Terdapat tiga teori tentang masuknya Islam ke Nusantara, yaitu teori pedagang Makkah, teori campur tangan panglima muslim China, dan teori pedagang Gujarat.

Ketiga teori tersebut memiliki bukti dan kelemahan masing-masing, sehingga belum ada teori yang dapat dibuktikan secara pasti.***

Sumber: