6 Mitos Menarik Air Terjun Sedudo Nganjuk, Ribuan Orang Datang Tiap Bulan Suro untuk Ritual Siraman

6 Mitos Menarik Air Terjun Sedudo Nganjuk, Ribuan Orang Datang Tiap Bulan Suro untuk Ritual Siraman

Mitos menarik tentang air terjun Sedudo Nganjuk-Tangkapan layar YouTube/Niko_ Channel-

BACA JUGA : 6 Mitos Air Terjun Grojogan Sewu, Salah Satunya Konon Terbuat dari Air Mata Roro Jonggrang

4) Membuat awet muda dan mendatangkan rezeki berlimpah

Keyakinan masyarakat setempat tentang air terjun Sedudo ini, yaitu diyakini bisa membat awet muda dan panjang umur.

Mitos tentang air terjun Sedudo Nganjuk ini juga diyakini oleh masyarakat luar untuk memohon rezeki yang berlimpah, namun harus dengan menyediakan sejenis sesajen dan dupa untuk dihaturkan.

5) Bisa melancarkan urusan politik maupun naik jabatan

Konon, air terjun ini juga bisa membantu seseorang dalam urusan politik hingga naik jabatan di tempat kerjanya. Mereka meyakini jika mandi di air terjun nantinya karir mereka akan melonjak atau mengalami perkembangan lebih baik dari sebelumnya.

6) Pelestarian budaya

Mitos menarik tentang air terjun Sedudo Nganjuk ini juga berkaitan dengan pelestarian dari ritual desa setempat. Dulunya konon air terjun ini digunakan sebagai tempat upacara adat masyarakat untuk menyambut ritual bersih desa.

Ada juga kisah lainnya yang mengaitkan dengan jaman kerajaan Islam, yang mana air terjun ini dikenal sebagai pertapaan Ki Ageng Ngaliman.

Tiap Bulan Suro selalu diadakan ritual mandi Sedudo yang diawali dengan tarian oleh 6 penari berambut panjang yang masih perawan.

Itulah 6 mitos yang populer di masyarakat tentang air terjun Sedudo di Nganjuk. Untuk mandi di air terjun ini disarankan agar selalu menjaga kebersihan, dilarang berbuat hal tidak senonoh, serta tidak menggunakan sabun atau shampo saat mandi. (*)

Sumber: