Sudah Over Kapasitas, Pemkab Brebes Siapkan Lahan Baru untuk Lapas

Sudah Over Kapasitas, Pemkab Brebes Siapkan Lahan Baru untuk Lapas

Pj Bupati saat diwawancarai awak media terkait Lapas Kelas II B Brebes yang sudah over kapasitas. (Istimewa)--

RADAR TEGAL - Pemkab Brebes telah metnyeiapkan lahan untuk membangun lapas baru. Hal itu menyusul kapasitas yang ada Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes sudah over kapasitas.

Kalapas Kelas IIB Brebes, Isnawan disela pemberian remisi mengatakan untuk kapasitas Laps Kelas II Brebes adalah 161 warga binaan. Namun, saat ini sudah menamping 348 warga binaan.

"Walaupun terjadi over kapasitas, kami tentu akan berusaha semaksimal mungkin. Tapi pemenuhan hak-hak warga binaan tidak akan di bawah standar. Kami akan tetap distandar yang baik," ungkapnya.

Pada awal tahun ini, lanjutnya, telah ada pembicaraan antara Pemkab Brebes dan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Tengah. Namun masih berproses. Untuk lahan baru pembangunan lapas, minimal dibutuhkan lahan seluas 3 - 3,5 hektar.

"Kami menyerahkan kepada Kementerian Hukum dan HAM, dimana untuk pembangunan lapas baru. Hingga saat ini masih berproses dan berharap ada win-win solusi atau menunggu kebijakan dari kementerian Hukum dan HAM," jelasnya.

Sementara Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin, usai memberikan remisi kepada warga binaan, menjelaskan Pemkab Brebes telah menawarkan kepada Kementerian Hukum dan HAM. Bangunan yang ada saat ini bisa dipindahkan ke tempat yang lebih layak dan lebih luas. Sehingga, warga binaan bisa lebih leluasa dalam kegiatan selama menjalani hukuman di dalam lapas. 

"Seperti bercocok tanam serta untuk kegiatan keterampilan-keterampilan yang bisa menjadi bekal kelak bisa bila sudah keluar," ujarnya.

Untuk pembahasan lebih lanjut, lanjutnya, Pemkab Brebes sudah siap menyiapkan lahan dan sudah ada pembicaraan dengan Kanwil Kementerian Hukum dna HAM Provinsi Jawa Tengah.

"Saat ini sedang dilakukan pembahasan soal aset. Ada beberapa lokasi yang disiapkan Pemkab Brebes untuk pembangunan lapas baru," tukasnya.

Sekedar informasi dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023, Lapas Kelas IIB Brebes, memberikan remisi kepada 231 warga binaan. Rinciannya, pemberian remisi 1 bulan diberikan kepada 73 warga binaan. Remisi 2 bulan diberikan kepada 53 warga binaan.

Kemudian 61 warga binaan lainnya mendapatkan remisi 3 bulan. Untuk 23 warga binaan mendapatkan remisi 4 bulan. Remisi 5 bulan ada 17 warga binaan dan 4 warga binaan lainnya mendapatkan remisi 6 bulan.***

Sumber: