Mirip Aksi 2 Sultan, Pemuda Songgom Brebes Patungan untuk Memperbaiki Jalan Rusak

Mirip Aksi 2 Sultan, Pemuda Songgom Brebes Patungan untuk Memperbaiki Jalan Rusak

MEMPERBAIKI - Puluhan pemuda di Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes patungan memperbaiki jalan rusak parah. -Istimewa-

RADAR TEGAL - Mirip aksi 2 sultan di Bulakamba, Brebes yang memperbaiki jalan rusak, puluhan pemuda Songgom, Brebes patungan untuk memperbaiki jalan. Rabu, 16 Agustus 2023, mereka menguruk ruas Jalan Jatirokeh-Songgom yang rusak penuh lubang dan bergelombang.

Selain prihatin karena sering terjadi kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di ruas jalan itu, pihaknya juga merasa prihatin lantaran minimnya anggaran di pemerintah sehingga tidak bisa memperbaiki semua jalan yang rusak.

"Sebelumnya, kami berkomunikasi dengan Pemkab Brebes, ternyata anggarannya minim. Jadi kami berinisiatif membantu, dan mendapat respon positif. Aksi ini juga mendapat dukungan dari pihak swasta, yakni PT Indocement Tunggal Perkasa yang memberikan material berupa batu gamping (limestone)," terang Ketua PAC PP Songgom Moch. Sobari Asholeh yang kerap disapa Baron, 45 tahun.

Pihaknya berharap, aksi pemuda Songgom, Brebes patungan untuk memperbaiki jalan rusak ini bisa bermanfaat untuk masyarakat. Terutama yang melintas di ruas jalan tersebut.

BACA JUGA:Without the APBD, Two Sultans of Brebes Concrete Joints on Jalan Klampok-Sitanggal that were Severely Damaged

BACA JUGA:Nyobain Toilet Premium Tarif Rp7.500 di Tangerang, Auto Langsung Berasa Sultan!

Para pemuda tersebut tergabung sebagai pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Songgom. Mereka menggelar bakti sosial dengan memperbaiki jalan rusak.

Pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Brebes. Aksi pemuda Songgom Brebes patungan memperbaiki jalan rusak, menurutnya, lantaran kondisi jalan tersebut banyak lubang dan bergelombang.

Baron mengaku khawatir di ruas jalan itu akan banyak terjadi kecelakaan lalu lintas. Hingga akhirnya, pihaknya mengelar aksi sosial dengan menguruk jalan bergelombang seperti itu. 

Aksi pemuda Songgom, Brebes patungan memperbaiki jalan rusak bukan kali pertama dilakukan. Aksi kali ini, lanjutnya, sengaja mereka lakukan sebagai bentuk keprihatinan karena di ruas jalan itu sering terjadi laka lantas. 

BACA JUGA:Tanpa APBD, Dua Sultan Bulakamba Brebes Patungan Beton Jalan Kabupaten Ruas Klampok-Sitanggal yang Rusak Parah

BACA JUGA:Warganya Memborong Pajero Sport, Inilah Kampung Sultan di Jatim yang Terpencil Tapi Sangat Megah

Pihaknya dengan sukarela membeli pasir dan batu (sirtu) untuk menguruk jalan yang bergelombang itu. Kemudian, sirtu itu diratakan di sejumlah jalan yang bergelombang dengan menggunakan alat berat dari dinas terkait.

"Alhamdulillah. Aksi kali ini, mendapat respon positif dari Dinas PU Brebes. Terbukti, pihak DPU mengerahkan alat berat untuk meratakan jalan," ungkap Baron yang juga pemilik perusahaan Baront Group.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Marga DPU Brebes Ridho Khaeroni menegaskan, pihaknya mengapresiasi kegiatan bakso sosial yang dilakukan PAC PP Songgom. Karena, ormas PP ini telah peduli dengan kerusakan jalan yang dikhawatirkan akan membuat kejadian kecelakaan.

"Alhamdulillah. Kolaborasi, material uruk dari PAC PP Songgom, tenaga penghamparan dan alat dari dinas," pungkasnya. ***

Sumber: