Dibalik Mitosnya, Simak 7 Fakta tentang Candi Prambanan, Ternyata Nama Aslinya Jarang Diketahui Orang

Dibalik Mitosnya, Simak 7 Fakta tentang Candi Prambanan, Ternyata Nama Aslinya Jarang Diketahui Orang

Fakta menarik Candi Prambanan-Pexels/Charl Durand-

Berkaitan dengan nama aslinya, fakta menarik tentang Candi Prambanan ini yaitu menjadi tempat pemujaan Dewa Siwa terbesar di Indonesia.

Puncak Candi Siwa disini memiliki tinggi 47 meter, sehingga menjadikannya tempat pemujaan Dewa Siwa terbesar di Candi Prambanan.

Sehubungan juga dengan representasi kepercayaan puncak Mahameru yang menjadi puncak tinggi di Indonesia yang dihadirkan juga lewat Candi Prambanan.

BACA JUGA : Mitos Candi Prambanan dari Pasukan Jin hingga Terdapat Kutukan Perawan Tua?

4) Relief Ramayana

Fakta menarik Candi Prambanan berikutnya ini terdapat relief Ramayana di dalamnya. Jadi, relief ini bukan hanya sekedar hiasan, namun memiliki cerita bersejarah yang terkenal di tanah air.

Awal mula cerita dimulai dari Pradakshina atau sisi timur kompleks Candi Siwa. Jika berkunjung ke tempat ini untuk menikmati kisah reliefnya, Anda bisa berjalan memutar searah jarum jam hingga mengunjungi sisi selatan Candi Brahma.

5) Puncak berbentuk mahkota

Fakta unik lainnya dari Candi Prambanan ini yaitu memiliki puncak yang berbentuk mahkota, yang bernama Puncak Mastaka. Bukan sekedar hiasan, namun puncak ini memiliki makna tertentu, yaitu halilintar.

6) Mitos gagal menikah

Hal satu ini pasti sudah sering terdengar dari telinga ke telinga. Ada mitos menyebutkan bahwa Candi Roro Jonggrang di Prambanan ini bisa mempengaruhi hubungan asmara seseorang.

Konon, jika ada pasangan yang belum menikah datang kesini, maka niscaya hubungannya akan gagal atau tidak bisa lanjut ke jenjang pernikahan. Hal ini kembali lagi ke kepercayaan masing-masing, sebab tidak ada bukti yang benar-benar valid tentang mitos satu ini.

BACA JUGA : Candi Prambanan: Keajaiban Arsitektur Kuno di Jawa Tengah yang Memukau

7) Dibangun hanya dalam waktu semalam

Masih berkaitan dengan Roro Jonggrang, fakta unik berikutnya konon menyebutkan Candi Prambanan dibangun hanya dalam waktu semalam.

Sumber: