Dikaitkan dengan Perempuan Ayu, Misteri Sungai Serayu Lebih Mengesankan dari Bengawan Solo

Dikaitkan dengan Perempuan Ayu, Misteri Sungai Serayu Lebih Mengesankan dari Bengawan Solo

SUNGAI SERAYU - Misteri Sungai Serayu yang kerap dikaitkan dengan sosok perempuan dinilai lebih mengesankan dari Bengawan Solo.-Tangkapan Layar -akun Instagram Purwokertokeren

RADAR TEGAL - Kerap dikaitkan dengan perempuan ayu, misteri Sungai Serayu nampaknya lebih mengesankan dari Bengawan Solo yang disebut 'kakak'nya. Istilah ayu adine nampaknya berlaku dalam hal ini. 

Namun, apa sebenarnya yang membuat misteri Sungai Serayu selalu menarik untuk dikulik? Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahuinya. Karena di dalamnya akan mengulas kembali kaitan misteri Sungai Serayu dengan perempuan ayu.

Misteri Sungai Serayu yang terkait dengan perempuan ayu

Dalam berbagai kisah tentang misterinya, Sungai Serayu kerap dikait-kaitkan dengan sosok perempuan ayu yang dilihat Sunan Kalijaga di tengah sungai. Konon, nama Serayu diambil dari kata Sirah atau kepala dan ayu yang berarti cantik.

Kisah itu selalu dianggap sebagai awal mula dari sungai dengan panjang 181 km itu disebut Sungai Serayu. Sayangnya, sosok perempuan yang disebut dalam kisah tersebut masih misteri.

BACA JUGA:Tempat Kuliner Hits di Tepi Sungai Serayu, Suasana Sejuk bikin Nyaman

BACA JUGA:Mengintip Candi Semar yang Disebut Terkait dengan Mitos Sungai Serayu, Atapnya Sangat Unik

Belum ada penjelasan mengenai siapa sebenarnya perempuan ayu yang muncul tiba-tiba dari tengah sungai tersebut. Apakah dia benar-benar seorang perempuan atau sejenis makhluk tertentu yang menunjukkan eksistensinya?

Namun, belakangan misteri Sungai Serayu juga kembali dikaitkan dengan perempuan. Sungai ini disebut-sebut memiliki karakter perempuan yang lembut.

Hal ini berbeda dengan sungai-sungai berhulu dari kaki gunung berapi yang karakternya kerap garang. Sungai Serayu memiliki aliran yang lembut, jernih dan bening bak seorang perempuan.

Sementara karakter sungai lainnya dianggap garang karena menyebabkan peristiwa banjir lahar dingin saat gunung meletus. Hal ini tentunya dapat mengancam kelangsungan hidup manusia serta menghancurkan lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:Mitos Sungai Serayu Tidak Hanya Berkaitan dengan Sunan Kalijaga, Sosok Semar Juga Ikut Terkait

BACA JUGA:Di Balik Mitosnya, Sungai Serayu Tawarkan Lintasan Rafting yang Unik dan Ekstrem

Sungai yang mengalir dari pegunungan Dieng ini dipercaya menjadi sumber penghidupan orang banyak. Hal ini tentu sesuai dengan karakter perempuan yang identik sebagai pemelihara kehidupan.

Di luar misteri Sungai Serayu yang kerap dibahas sejumlah kalangan, sungai yang bermuara pada laut selatan berdekatan dengan Gunung Srandil ini memang punya peran penting di Jawa Tengah. 

Pasalnya sungai ini menjadi urat nadi 5 daerah yang dilintasinya. Di antaranya seperti Kabupaten Banjarnegara, Wonosobo, Purbalingga, Banyumas (Purwokerto), serta Cilacap. 

Sebuah fakta yang pastinya tidak termasuk dalam misteri Sungai Serayu. ***

Sumber: