5 Mitos Candi Prambanan, Mulai dari Cahaya Misterius hingga Burung Berkepala Mirip Manusia

5 Mitos Candi Prambanan, Mulai dari Cahaya Misterius hingga Burung Berkepala Mirip Manusia

Mitos tentang Candi Prambanan-freepik-

3) Hubungan percintaan bisa putus

Berbanding terbalik dengan cahaya misterius yang konon bisa mempertemukan jodoh, ada mitos lainnya tentang Candi Prambanan yang juga bisa membuat kandas hubungan percintaan orang yang datang berkunjung.

Hal ini sejalan dengan legenda cinta Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang jaman dahulu. Bandung Bondowoso yang memiliki perasaan tulus kepada Roro Jonggrang sehingga bersedia membangun seribu candi dalam semalam.

BACA JUGA : Mitos Goa Hawang di Maluku, Ada Batu Seorang Pemburu dan Anjing yang Dulunya Dikutuk Penunggu Goa?

Sayangnya, Roro Jonggrang berlaku curang dan menggagalkan usaha Bandung Bondowoso membangun candi. Terlanjur sakit hati, Bandung Bondowoso mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi.

4) Ada hewan aneh

Relief Candi Prambanan menggambarkan flora dan fauna yang ada di Indonesia. Mulai dari burung kakak tua jambul kuning, rusa, kelinci, angsa, dan sebagainya.

Ternyata, ada juga mitos yang berkaitan tentang hewan di Candi Prambanan ini yang cukup populer.

Hewan yang dimaksud adalah kinara-kinara yang mengapit pohon kalpataru. Tidak ada yang tahu jelas jenis burung tersebut apa dengan tubuh berbentuk burung dan kepalanya mirip manusia.

Hingga kini, hewan jenis tersebut masih menjadi misteri dan banyak yang berpikir bahwa apakah saat dulu sudah ada manipulasi genetik makhluk hidup, sehingga menciptakan hewan sedemikian rupa.

5) Mirip Angkor Wat di Thailand

Mitos berikutnya tentang Candi Prambanan ini konon dari struktur bangunan candinya mirip dan terinspirasi dari Angkor Wat, candi Hindu terbesar di dunia yang berada di Thailand.

Angkor Wat sendiri terletak tepatnya di Kamboja yang sekilas memang terlihat mirip dengan Candi Prambanan dari kejauhan.

Namun, sebenarnya Candi Prambanan yang ada lebih dulu yaitu pada abad 9 Masehi, sementara Angkor Wat dibangun pada abad ke-12. 

Demikian informasi dan mitos tentang Candi Prambanan yang beredar di masyarakat. Apakah Anda sudah pernah berkunjung ke candi ini? (*)

Sumber: