Bansos BLT PKH dan BPNT 2023 Cair Bulan Agustus, Berikut Cara Daftar Penerima Bansos Secara Online

Bansos  BLT  PKH dan  BPNT 2023  Cair Bulan Agustus,  Berikut Cara Daftar  Penerima Bansos Secara Online

Uang rupiah-depositphotos.com-

 

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Pada bulan  Agustus 2023  merilis   BLT  PKH dan  BPNT 2023  yang  akan cair di bulan  Agustus 2023 ini. Tujuan dari dari jenis bantuan tersebut tidak lain sebagai tindak lanjut program  penanggulangan kemiskinan agar  keluar  dari  kemiskinan.

Bantuan tersebut dapat disalurkan  kepada masyarakat yang membutuhkan  secara berkala melalui Kemensos, Bantuan BLT  PKH dan  BPNT 2023  bisa diperoleh, jika anggota  masyarakat rentan miskin.

 Atau  termasuk keluarga miskin terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial( DTKS) sebagai penerima bantuan.Sebelum penerima  bansos baik BLT  PKH dan  BPNT 2023  sebaiknya mengajukan diri kalau memang memenuhi semua persyaratan.

Atau ketentuan calon penerima manfaat dan jangan menyalahgunakan  kemudian bagaimana  cara daftar bansos 2023. Ada dua tahapan dalam pendaftaran bansos 2023 secara online  yaitu  pembuatan akun dan mengajukan diri ke   DTKS.

Pembuatan Akun

Sebelum  penerima bansos  menerima manfaat diwajibkan membuat akun melalui aplikasi  cek  bansos. Pastikan  unduh  aplikasi dari Play  Google atau  App Store pada perangkat smartphone  kemudian buka aplikasi cek bansos    dan membuat akun baru.

Tahap 1 Pembuatan Akun Baru

  1. Pasti isi data diri kemudian nama lengkap tidak lupa nomor  Kartu  Keluarga, email, nomor  telephone dan lainnya  secara  lengkap.
  2. Buat Username  dan password
  3. Upload foto KTP dan Selfie yang sedang memegang KTP secara jelas
  4. Klik Buat Akun baru
  5. Pastikan email yang didaftarkan aktif karena nanti ada notifikasi pemberitahuan untuk  aktivasi. Aktivasi  penting agar bisa  menyetujui dan proses selanjutnya  ditindaklanjuti

Ajukan Diri Sebagai Penerima Bansos  ke DTKS

Sessudah  melakukan pembuatan akun di aplikasi cek bansos kemudian selannjutnya bisa  mengajukan diri sebagai penerima bansos 2023  melalui aplikasi  dengan langkah berikut:

  1. Pastikan email  sudah terverikasi    dan aktivasi telah masuk
  2. Login memakai username   dan password sudah  didaftarrkan sebelumnya.
  3. Klik Daftar Usulan
  4. Pilih Tambah  Usulan
  5. Isi data  diri secara lengkap dan tepat
  6. Tidak  lupa pilih jenis PKH/BPNT
  7. Upload foto KTP dan rumah bagian depan dengan jelas kemudian konfirmasi  terus tekan bacaan Tambah usulan
  8. Klik Tambah Usulan

Tunggu  sebentar sistem sedang bekerja nanti pihak Kemensos akan mendata terus memproses data yang telah masuk. Berikutnya dicek  apakah data tersebut sudah masuk atau belum dan memastikan terdaftar atau tidak membuka kembali  aplikasi  cek bansos.

Cara  Cek Penerima BLT PKH dan BPNT 2023

Setelah  membuat akun kemudian mengajukan diri sebagai penerima bansos 2o23  berikutnya menunggu konfirmasi  dari Kemensos untuk mengecek menambahkan sebagai penerima bansos .

Saatnya melihat dan mengecek di aplikasi cek  bansos sebagai penerima atau tidak dengan cara sebagai berikut

1.     Akses link https://cekbansos.kemensos.go.id/

2.     Segera masukkan data yang dimintta mulai nama provinsi, Kabupaten,kecamatan  hingga  nama  desa

3.     Ketik nama penerima manfaat sesuai KTP

4.     Ketik 4 huruf kode pastikan tanpa spasi yang tertera dalam kotak  kode

5.     Bila huruf kurang jelas atau tidak mengerti klik icon refresh agar mendapatkan huruf kode yang  baru  dan  lebih  jelas

6.     Klik Cari Dat

7.     Tunggu sebentar akan muncul hasil pencarian apakah nama yang diinput  tersebut menjadi penerima bansos atau tidak.

Jika tidak muncul diartikan penerima  manfaat  belum memperoleh bantuan, sedangkan nama  muncul dalam daftar bisa diartikan penerima mendapatkan manfaat. Demikian tadi ulasan singkat membahas bansos  BLT  PKH dan  BPNT 2023  cair bulan Agustus ini yang bisa jadi ada diantaranya  menbdapat bantuan segera cek.*

Sumber: