Ditolak Masyarakat Bali, Ini yang Akan Terjadi Jika Pulau Jawa dan Bali Dibangun Jembatan Penghubung

Ditolak Masyarakat Bali, Ini yang Akan Terjadi Jika Pulau Jawa dan Bali Dibangun Jembatan Penghubung

--

RADAR TEGAL - Entah sampai kapan Pulau Jawa dan Bali tidak akan terhubung dengan jembatan. Karena gagasan pembangunan jembatan oleh pemerintah, pernah ditolak mentah-mentah masyarakat Bali.

Padahal, jika ditinjau dari jaraknya yang hanya dipisahkan oleh Selat Bali, Pulau Jawa dan Bali hanya berjarak sekitar 5 kilometer. Sampai saat ini akses kedua pulau dengan mobilitas terpadat ini hanya melalui laut dan udara.

Kita bisa membayangkan jika Pulau Jawa dan Bali terhubung dengan jembatan, akses masyarakat dan ekonomi akan semakin cepat. Sehingga peningkatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di kedua pula juga akan meningkat.

Terbukti, ketika pemerintah membangun Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura. Jembatan yang membentang sepanjang 434 meter itu, kian melancarkan mobilitas warga dan perekonomian di Surabaya dan Madura.

Rencana pembangunan jembatan Pulau Jawa dan Bali 

Pemerintah sendiri ternyata telah menyiapkan rencana pembangunan jembatan antarpulau tersebut sejak tahun 1960-an silam. Bahkan pemerintah tak main-main untuk merealisasikannya, sebelum ditolak masyarakat Bali. 

BACA JUGA:Mitos Jawa-Bali Tak Boleh Terhubung Jembatan Terjawab, Padahal Jawa dan Madura Bisa

Pemerintah saat itu telah menyiapkan konsep dan menamai programnya sebagai Trinusa Bima Sakti, yaitu pembangunan jembatan yang akan menghubungkan tiga pulau. Tidak hanya jembatan penghubung Pulau jawa dan Bali, tetapi juga Pulau Sumetera sekaligus.

Lantas kenapa pemerintah tidak jadi merealisasikan pembangunannya? Ternyata karena mendapatkan penolakan mentah-mentah dari masyarakat Bali.

Alasan masyarakat Bali menolak mentah-mentah rencana tersebut pun masuk akal. Salah satunya karena masyarakat Bali masih menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan peninggalan nenek moyangnya.

Mayoritas masyarakat Bali yang menganut agama Hindu percaya, Pulau Jawa dan Bali tidak boleh dihubungkan dengan jembatan.

Mitologi Hindu sang Hyang Shidimantara

Dalam kehidupan masyarakat di Pulau Dewata, ada mitologi Hindu Sang Hyang Shidimantara yang menyebutkan terkait hal itu. Mitologi itu menyebut terhubungnya Pulau Jawa dengan Bali memiliki potensi merusak tatanan masyarakat di Bali.

BACA JUGA:Bermula dari Kisah Anak yang Gila Judi, Begini Legenda dan Mitos Selat Bali yang Sering Menelan Korban

Sumber: