Ungkap Misteri Situs Bukit Gunung Gono Desa Banyubiru Dukun, Makam Mbah Kyai Muhammad Mukri dan Lingga Yonni

Ungkap Misteri Situs Bukit Gunung Gono Desa Banyubiru Dukun, Makam Mbah  Kyai Muhammad Mukri  dan Lingga Yonni

Archa Ganesha gunung Gono Dukun--

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Gunung  Gono terletak di  Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun destiasi wisata baru di  Kabupaten Magelang.  Ternyata kawasan Gunung  Gono pun  eksotif  penuh misteri kemudian ketika mendaki bukit ini menemukan keindahan  alam saja, tetapi juga  menyimpan jejak peninggalan Lingga Yoni  dan makam Mbah  Kyai Muhammad Mukri.

Diketahui, kawasan puncak Gunung  Gono dahulu  sebelum ajaran Islam wilayah Kecamatan Dukun dan sekitarnya.  Dikenal sebagai  tempat ritual  penyembahan berhala  patung archa Ganesha  dan Lingga Yonni. Akhirnya dapat diberantas setelah  Mbah  Kyai Muhammad Mukri asal  Jogjakarta dakwah  datang  ke daerah Dukun sebarkan Islam.

Mbah  Kyai Muhammad Mukri Penggal Kepala Patung Archa Ganesha dan Lingga Yoni

Kisah Mbah  Kyai Muhammad Mukri dalam dakwah Islam di daerah Desa Banyubiru  dan sekitarnya telah melegenda di kalangan masyarakat Dukun. Ia dikenal tegas, bijaksana kemudian tidak  segan merusak  bila ada tidak sesuai ajaran Islam.

Terlebih sampai menemukan warga yang menyembah berhala seperti ketika  berdakwah  di Desa Banyubiru, Kecamatan Dukun. Ia  langsung penggal kepala patung archa Ganesha  dan Lingga Yoni tanpa ampun, tetapi Ia  memiliki tenggang  rasa tidak semua dirusak.

Ia memutuskan merusak bagian kepala patung archa  ganesha saja yang jumlahnya  mencapai  kurang lebih 37 buah. Kemudian  menyisakan bagian tubuh dibiarkan begitu  di puncak Gunung Gono dan dikisahkan  kepala archa tidak dibuang begitu saja.

Mbah  Kyai Mukri cukup cerdas memanfaatkan kepala  patung archa dijadikan pondasi  masjid agar  kokoh dan kuat hingga sekarang. Kini, masjid yang dibangun oleh Mbah  Kyai Muhammad Mukri  tetap berdiri dengan megah di Desa  Banyubiru, Kecamatan  Dukun.

 Patung  Archa Ganesha  Tersisa Satu Bagian dan Rusak Tinggal Separuh  Bagian Tubuh 

Setelah Mbah  Kyai Muhammad Mukri meninggal dunia  kemudian dimakamkan di kawasan Gunung Gono. Seiring berjalannya waktu sepeninggal Mbah  Kyai Mukri  keturunannya  selalu berziarah ke makam yang ada di puncak bukit Gono.

Kini,  kondisi patung  ganesha Ganesha tidak utuh lagi mengalami kerusakan parah oleh  orang tidak bertanggung  jawab. Bahkan, lebih memprihatinkan lagi hanya  menyisakan satu bagian yakni separuh  bagian tubuh dari perut sampai bagian kaki.

Kemudian bagian lainnya hilang   tidak ditemukan  dan lantas  apa itu patung ganesha?. Adalah dewa  dalam  agama Hindu memiliki tubuh setengah  dewa dan setengah manusia. Ganesha juga mempunyai kepala berbentuk gajah dengan empat lengan   yang dijuluki Dewa Pengetahuan dan Kecerdasan.

Di bagian lain ditemukam patung Lingga Yoni terbuat  dari batu andesit memiliki lambang kesuburan. Atau  kata lain bahwa simbol  kesuburan perempuan  lantaran bentuknya mirip alat kelamin perempuan. Diperkirakan masih  ada lingga  terpenndam dalam   tanah di atas  bukit yang letaknya tidak diketahui secara pasti

Wisata Religi Gunung  Gono

Waktu terus bergulir, sekarang kawasan puncak Bukit Gunung Gono  dikembangkan menjadi  wisata religi bagian dari program Desa wisata Banyubiru di Kecamatan Dukun  sejak tahun  2017.

Kawasan puncak  Bukit Gunung Gono juga  dibangun panggung terbuat  dari  bambu yang dibentuk sedemikian rupa.  Kemudian dibuat menjadi lokasi selfie  yang unik dengan  latar belakang Gunung  Merapi  dan  Gunung Merbabu dari  puncak ini dapat  melihat sunrise saat pagi hari,

Kegiatan wisata  lain ketika berada di puncak bukit melihat  dari dekat peninggalan agama Hindu  seperti  Yoni  dan Archa Ganesha.Atau berziarah  ke makam Mbah Kyai Muhammad Mukri, tokoh agama   dari  Yogyakarta penyebar  Islam di Dukun.

Bermain di  puncak  Bukit Gunung Gono memang mengasyikkan ada permainan outboth, belajar   sejarah. Sering kali di puncak bukit digelar festival lembah Merapi dan Pasar Tradisi Lembah Merapi dibuka  setiap Minggu Pagi. Itulah tadi  ulasan singkat mengenai ungkap  misteri situs Gunung Gono Banyubiru Dukun.*

 

Sumber: