Naik Menjadi Rp1 Miliar, Anggaran KONI Kabupaten Tegal Diusulkan Meningkat 2 Kali Lipat

Naik Menjadi Rp1 Miliar, Anggaran KONI Kabupaten Tegal Diusulkan Meningkat 2 Kali Lipat

Ilustrasi anggaran-Tangkapan Layar-

RADAR TEGAL - Mengalami kenaikan menjadi Rp1 miliar, anggaran Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tegal diusulkan meningkat 2 kali lipat. Dari sebelumnya hanya sebesar Rp500 juta menjadi Rp1 miliar di tahun 2024 mendatang.

Kenaikan usulan tersebut menjadi salah satu bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal dalam mendukung peningkatan pembinaan cabang olahraga dan prestasi. 

Hal ini seperti diungkap Kepala Dinas Porapar Kabupaten Tegal Ahmad Uwes Qoroni, Senin 31 Juli 2023.

Menurut pengakuannya, bantuan hibah untuk induk organisasi cabang olahraga  yang selama ini diberikan memang tidak terlalu besar. 

"Kemampuan keuangan daerah selama ini baru bisa memberikan bantuan dana hibah sebesar Rp500 juta. Namun ada kepastian di tahun 2024 dana hibah untuk KONI akan mengalami kenaikan menjadi Rp1 miliar," ujarnya.

BACA JUGA:Target Bisa Masuk 20 Besar, 11 Medali Emas Dibidik KONI Brebes

Terkait janji bupati Tegal yang akan memberikan apresiasi atau reward bagi atlet yang berhasil membawa pulang medali di ajang Porda Provinsi Jawa Tengah tahun ini,sudah dialokasikan lewat APBD II.

"Diharapkan atlet Kabupaten Tegal bisa mengukir prestasi terbaiknya di ajang porprov dengan berjuang seoptimal mungkin dengan adanya kepastian stimulus yang diberikan pemerintah daerah," tegasnya. 

Uwes mengakui bahwa bantuan untuk program pembinaan olahraga di Kabupaten Tegal selama ini tidak hanya untuk KONI tetapi juga untuk masyarakat. Seperti bantuan sarpras keolahragaan. 

"Selama ini bantuan untuk sarpras olahraga cukup banyak yang kami salurkan lewat desa. Khususnya untuk sarpras lapangan sepakbola yang dimiliki desa," imbuhnya dikutip dari Jateng.disway.id.

Ke depan, memang perlu dirumuskan soal bagaimana pembinaan olahraga dilakukan secara terpadu, terutama soal dana hibah yang dibutuhkan KONI dan untuk bantuan masyarakat.

"Terkait penambahan dana hibah untuk KONI tahun depan memang tidak besar. Namun diharapkan dengan penambahan anggaran tersebut bisa dioptimalkan untuk mendukung even olahraga di Kabupaten Tegal serta peningkatan pembinaan pada cabang olahraga dan sekaligus prestasinya," ungkapnya. ***

Sumber: jateng.disway.id