Kenapa Anak Sekolah Zaman Dulu Terlihat Lebih Tua? Begini Penjelasannya

Kenapa Anak Sekolah Zaman Dulu Terlihat Lebih Tua? Begini Penjelasannya

Ilustrasi: -twitter: @AsliSemarang-

RADAR TEGALKenapa anak sekolah zaman dulu terlihat lebih tua? Ketika kita melihat video atau foto-foto di era tahun 90an, seringkali kita merasa heran.

Heran karena kita bisa melihat bagaimana kehidupan di masa lalu tanpa perlu mengalaminya secara langsung.

Dan kita merasa heran karena mayoritas orang terlihat berbeda dibandingkan dengan masa sekarang, meskipun usianya sama seperti kita sekarang.

Misalnya, kita bisa melihat contohnya dari foto anak SMP zaman dulu yang bisa kita temukan melalui pencarian di Google.

Di foto itu terlihat sekelompok anak SMP dengan seragam putih-biru khas anak SMP yang berusia sekitar 12-15 tahun.

Mereka terlihat memiliki kumis di wajah, rambut yang tebal dan terlihat agak gondrong, tubuh yang lebih besar, dan memakai celana biru ketat. Hal itu tentu berbeda dengan penampilan anak SMP sekarang.

BACA JUGA:7 Benda Surga yang Ada di Bumi, Nomor 4 Memili Kekuatan yang Luar Biasa

Perbedaan anak sekolah dulu dengan sekarang

Jika kita bandingkan dengan zaman sekarang, penampilannya tentu akan sangat berbeda. Biasanya, anak SMP sekarang tampil tanpa kumis dan jenggot, dan rambut mereka tidak boleh gondrong.

Selain itu, mereka sering menggunakan skincare untuk wajahnya agar terlihat glowing, rambut yang keren, dan gaya berpakaian modern.

Perbedaan ini sering membuat kita berpikir bahwa foto-foto zaman dahulu menampilkan orang-orang yang sudah tua.

Namun sebenarnya, perbedaan itu bisa dijelaskan dengan argumen sederhana. Kita tidak seharusnya melihat masa lalu dari perspektif masa kini, yang disebut oleh Michael Stevens dari Vsauce.

Penampilan anak sekolah zaman dulu

Contoh lain dari gaya mode anak SMP pada tahun 1970-an, mereka sering memiliki rambut agak gondrong dengan poni yang tinggi dan kumis tebal, dan itu adalah hal yang umum pada masanya.

Hal tersebut mungkin terjadi karena gaya hidup mereka dipengaruhi oleh tren-tren yang populer saat itu, seperti mengikuti gaya rambut Elvis Presley atau berpakaian ala Rhoma Irama, yang keduanya viral pada tahun 1970 hingga 1980-an.

Jadi, wajar jika mereka mengikuti apa yang sedang tren pada masa itu. Fenomena serupa juga terjadi di masa sekarang, di mana banyak orang mengikuti tren-tren yang dipopulerkan oleh influencer di media sosial.

Namun, jika kita melihatnya dari perspektif 1-5 tahun ke depan dari saat tren itu muncul, kita mungkin akan menganggapnya sudah ketinggalan zaman, kuno, atau aneh.

BACA JUGA:10 Buah Ini Bentuknya Aneh Banget

Penyebab anak zaman dulu terlihat lebih tua

Selain karena  trend masa lalu, ada faktor lain yang menyebabkan pandangan ini, yaitu faktor biologis. Pada tahun 2018, tim peneliti dari Yale School of Medicine dan University of South Carolina melakukan penelitian dengan judul "Apakah 60 adalah Usia 50 Baru? Melihat Perubahan Usia Biologis Selama Dua Dekade Terakhir".

Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam penampilan fisik orang-orang yang hidup antara tahun 1988-2010.

Mereka yang hidup dalam 20 tahun terakhir terlihat lebih muda daripada generasi sebelumnya. Penyebabnya ternyata adalah gaya hidup mereka.

Saat ini, kehidupan berbeda dari zaman dahulu karena pesatnya kemajuan teknologi kesehatan yang membuat orang semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan.

Sebagai contoh, hadirnya layanan kesehatan yang membahas bahaya merokok telah membuat orang mengurangi konsumsi rokok, yang berdampak pada penampilan fisik yang lebih muda.

Selain itu, banyaknya pilihan teknologi kesehatan, seperti berbagai produk skincare, juga membuat orang berlomba-lomba untuk tetap terlihat awet muda.

BACA JUGA:Ngeri! Ramalan Nostradamus Tentang Indonesia: Terjadi Konflik dan Krisis Politik yang Memicu Peperangan

Jika upaya-upaya ini berhasil, tentu saja akan berpengaruh pada penampilan yang lebih muda. Demikian informasi tentang kenapa anak sekolah zaman dulu dan sekarang itu berbeda.

Temukan banyak informasi menarik lainnya, hany adi radartegal.disway.id, semoga menambah wawasan kalian, terima kasih.(*)

Sumber: