KKN di Kuningan, Mahasiswa Tegal Kenalkan Cara Pembuatan Sertifikasi Halal Produk UMKM

KKN di Kuningan, Mahasiswa Tegal Kenalkan Cara Pembuatan Sertifikasi Halal Produk UMKM

Sosialisasi sertifikasi halal produk UMKM--

RADAR TEGAL – Sejumlah mahasiswa dari Universitas Pancasakti Tegal melakukan program pengabdian masyarakat (KKNT MBKM) di Kabupaten Kuningan. Salah satu program unggulan yang mereka lakukan yakni mensosilialisasikan tentang cara pembuatan sertifikat halal.

Hal itu, mereka lakukan untuk mendorong pertumbuhan UMKM di wilayah mereka KKN. Selain kegiatan tersebut, mereka juga melaksanakan kegiatan lainnya.

Ketua Tim Mahasiswa KKN Nazilatul Azmi Salsabilah mengatakan sejak diterjunkan pada 8 Juli 2023 lalu, pihaknya melakukan program pengabdian masyarakat. Salah satu desa yang menjadi tujuan adalah di Desa Kertawana, Kecamatan Kalimanggis, Kabupaten Kuningan. 

“Salah satu kegiatan kita yakni mengadakan sosialisasi UMKM dan Pembuatan NIB. Serta Sertifikasi Halal dengan tema Optimalisasi Potensi Pemasaran Produk UMKM Desa Kertawana,"katanya.

Menurut Salsa, dalam kegiatan tersebut, pihaknya menggandeng Dinas UMKM kabupaten Kuningan dan Diskopdagperin. Kegiatan itu bertujuan untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

“Selain itu, juga untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi, mendorong kemandirian ekonomi, meningkatkan kualitas produk,”tandasnya.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap agar pelaku UMKM akan dibuatkan Nomor Izin Berusaha (NIB) dan sertifikasi halal. Kemudian, mengembangkan usaha yang mereka jalani selama ini agar bisa bersaing dengan produk lainnya. 

“Harapan saya semoga setelah acara ini ada tindaklanjut, untuk lebih mengembangkan lagi apa yang menjadi usaha selama ini mereka jalani,"pungkasnya. ***

Sumber: