Ditinggal Tanpa Pengawasan, Gudang Bawang di Brebes Terbakar Gara-gara Ini

Ditinggal Tanpa Pengawasan, Gudang Bawang di Brebes Terbakar Gara-gara Ini

Ilustrasi kebakaran--

RADAR TEGAL- Ditinggal tanpa pengawasan saat tengah mengeringkan bawang merah, gudang bawang di Brebes terbakar. Insiden itu terjadi pada Rabu 26 Juli 2023 malam.

Gudang bawang di Brebes yang terbakar merupakan gudang penyimpanan bawang merah milik Calim, 50 tahun. Warga Desa Keboledan, RT 29 RW 3 Kecamatan Wanasari ini awalnya berniat mengeringkan bawang merah di gudangnya dengan metode pengasapan.

Sayangnya, aktivitas tersebut tidak dilakukan dengan pengawasan. Sehingga memicu kebakaran gudang bawang merah miliknya. 

Kepulan asap tebal yang diduga menjadi pemicu titik api membakar tumpukan bawang merah dan atap rumah dari bambu. Setelah muncul kobaran api, warga langsung menghubungi Tim Damkar dan Polsek Wanasari.

Hal ini sesuai keterangan dari Kapolsek Wanasari Iptu Triyono Raharjo. Kemudian, tidak berselang lama satu unit mobil damkar untuk memadamkan semua titik api.

"Setelah sempat pemadaman darurat, menggunakan ember dan selang. Semua titik api, berhasil dipadamkan tim damkar kurang dari satu jam. Sehingga, kebakaran tidak merembet ke sekitarnya," terangnya dikutip dari Jateng.disway.id.

BACA JUGA:Rumah Warga Bojong Kabupaten Tegal Ludes Terbakar, Penyebabnya Lilin Kapas

Berdasarkan hasil pendataan, lanjut Triyono, korban pemilik rumah mengalami kerugian materiil. Yakni, berkisar Rp10 juta karena bawang merah ludes terbakar dan bagian atap hangus. 

Untuk mengantisipasi insiden kebakaran kembali terulang masyarakat diminta lebih waspada. Terutama, saat mengasap bawang usahakan harus dalam pengawasan agar saat muncul titik api bisa segera tertangani.

"Dengan kondisi angin kencang saat malam hari, masyarakat harus lebih hati-hati. Terlebih, pengasapan berpotensi menimbulkan titik api sehingga harus dalam pengawasan," pesannya.

Informasi di lapangan, kobaran api yang muncul dari bagian belakang rumah, kali pertama diketahui saksi Tardi, 45. Sekitar pukul 19.30 WIB, saksi berinisiatif membangunkan korban setelah kobaran api makin membesar.

Korban yang merasa panik langsung mengecek gudang di bagian belakang rumahnya. Ternyata, api sudah membakar bambu di samping tembok hingga menghanguskan bawang. 

BACA JUGA:Mendadak Terbakar, Pohon Jati Tua di Tempat Pemakaman Kabupaten Cirebon Bikin Kaget Warga

Termasuk, bagian atap rumah Calim karena angin bertiup ke arah barat dan api merambat cepat.

Sumber: jateng.disway.id