Rumah Warga Bojong Kabupaten Tegal Ludes Terbakar, Penyebabnya Lilin Kapas

Rumah Warga Bojong Kabupaten Tegal Ludes Terbakar, Penyebabnya Lilin Kapas

KEBAKARAN - Rumah warga di Desa Bojong terbakar gegara lilin yang terbuat dari kapas dan minyak sayur, Kamis 27 Juli 2023 malam.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

RADAR TEGAL - Ini peringatan buat semua yang kerap menggunakan lilin yang terbuat dari kapas dan minyak sayur. Jika tidak berhati-hati maka bisa menyebabkan kebakaran. 

Seperti yang terjadi pada sebuah rumah warga di RT 07 RW 01 Desa Bojong Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal terbakar, Kamis 27 Juli 2023 malam. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, pemilik rumah mengalami kerugian materi hingga puluhan juta rupiah.

Sumber dari petugas Damkar Kabupaten Tegal, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 22.30 WIB. Saat melihat kebakaran itu, warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. 

Namun, api tak kunjung padam. Sehingga warga langsung melaporkan ke petugas Damkar.

"Sekitar pukul 23.00 WIB, tim kami (Damkar) datang ke lokasi dan melakukan pemadaman," kata Kepala Satpol PP Kabupaten Tegal Supriyadi melalui Sekretaris Satpol PP Teguh Mulyadi, Jumat pagi, 28 Juli 2023.

BACA JUGA:Mendadak Terbakar, Pohon Jati Tua di Tempat Pemakaman Kabupaten Cirebon Bikin Kaget Warga

Sementara, hasil assesment dari Tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tegal, penghuni rumah itu yakni, Hermanto, 60 tahun. Kondisi rumah ludes terbakar. 

Kebakaran diduga karena pemilik rumah menyalakan lilin yang terbuat dari kapas dan minyak sayur yang diletakkan di atas cobek. Kemudian pada pukul 20.00 WIB, pemilik rumah keluar karena ada kepentingan. 

"Tiba-tiba dua jam kemudian, api membesar dan membakar rumah korban," kata Ketua PMI Kabupaten Tegal Iman Sisworo melalui Kepala Markas PMI Sunarto.

Saat ini korban mengungsi di rumah saudaranya. Korban membutuhkan bantuan mendesak seperti bahan bangunan, baju, selimut dan sembako.

"Kerugian korban mencapai puluhan juta rupiah," imbuhnya.***

Sumber: