Bukan Cuma Mahasiswa yang Wisuda, di Kota Tegal Ratusan Pasien TBC Sembuh pun Diwisuda

Bukan Cuma Mahasiswa yang Wisuda, di Kota Tegal Ratusan Pasien TBC Sembuh pun Diwisuda

Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari didampingi Kepala Klinik Paru Masyarakat (KPM) di Ifo Herwanti usai melakukan wisuda secara simbolis kepala pasien Tuberkolusis yang telah sembuh.-Meiwan Dhani R-

RADAR TEGAL - Layaknya mahasiswa lulus kuliah, ratusan pasien yang sembuh dari Tuberkolusis atau TBC di Kota Tegal menjalani wisuda.

Prosesi wisuda dilakukan Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari didampingi Kepala Klinik Paru Masyarakat (KPM) dr Ifo Herwanti di ruang pertemuan KPM, Kota Tegal, Rabu 26 Juli 2023.

Kendati dilangsungkan simbolis kepada 15 orang yang mewakili ratusan pasien penderita TBC, prosesi wisuda berjalan khidmat. Mereka (pasien) sembuh setelah menjalani pengobatan minimal enam bulan. 

“Wisuda ini yang pertama, sebagai bentuk apresiasi kami pada pasien karena telah sembuh dari TB,” kata Programer TB KPM Utis Sutrisna disela-sela wisuda. 

Menurutnya, penderita TBC di tahun 2022 sebanyak 1.160 orang, yang sembuh diangka 900 orang. 

BACA JUGA:Gawat! 23 Orang di Brebes Meninggal Karena TBC, Total Kasus Capai 2.251

Sedangkan tahun 2023 dari Januari hingga Juli, yang masih dalam tahap pengobatan ada 480 orang. 

Pasien yang pada tahun 2022 belum selesai pengobatan akan berlanjut di tahun 2023. Karena pengobatan ada yang enam bulan, bahkan sampai 12 bulan.

“Penyakit TB akan sulit disembuhkan apabila ada penolakan dari pasien untuk melakukan pengobatan,” terangnya. 

Dipaparkan, wisuda TB tersebut sebagai bentuk apresiasi terhadap pasien yang sudah melakukan pengobatan sampai sembuh. 

Dan setelah wisuda, mereka akan menjadi duta dalam pengobatan, bahwa TBC memang dapat disembuhkan sesuai petunjuk pengobtan. 

BACA JUGA:TBC Mewabah, di Kabupaten Tegal Dalam Setahun Ditemukan 3.858 Kasus, 669 Dianataranya Anak-anak

“Ada 15 pasien yang diwisuda, mewakili ratusan pasien yang sudah sembuh dari TB,” ujar Kepala Klinik Paru Masyarakat (KPM) Ifo Herwanti.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kota Tegal dr Sri Primawati Indraswari menambahkan, wisuda tersebut merupakan salah satu wujud kepedulian Pemkot Tegal kepada penderita TBC yang selesai menjalani terapi. 

Sumber: