GEGER! Permukiman Penduduk di Tonjong Brebes Kemasukan Kawanan Monyet yang Keluar Hutan

GEGER! Permukiman Penduduk di Tonjong Brebes Kemasukan Kawanan Monyet yang Keluar Hutan

Ilustrasi kawanan monyet--

RADAR TEGAL - Kawanan monyet yang keluar hutan membuat geger warga di permukiman penduduk yang berada di Tonjong, Brebes. Tepatnya di Desa Galuhtimur Kecamatan Tonjong, Brebes.

Kedatangan kawanan monyet yang keluar hutan itu bisa terjadi setiap saat. Tidak hanya malam hari, tetapi juga pagi, siang dan sore hari. 

Kawanan monyet tersebut bisa terdiri dari lima hingga sepuluh ekor saat keluar hutan. Sebelumnya, kawanan monyet merusak tanaman sayuran dan palawija seperti singkong, pisang, jagung, kelapa hingga nangka.

''Pokoknya setiap saat bisa datang gerombolan monyet. Karena jumlahnya yang lumayan banyak, warga kadang juga takut kalau sendirian di kebun,'' ungkap salah satu warga Dukuh Kertabasa Desa Galuhtimur, Abdul Malik, 48 tahun, Selasa 27 Juli 2023.

Menurutnya, warga yang tinggal di lingkungannya mulai merasakan gangguan kawanan monyet yang berkeliaran di sekitar permukiman mereka. Kondisi ini, diduga akibat berkurangnya ketersediaan sumber makanan di habitat mereka akibat dampak kemarau

BACA JUGA:Eksplorasi 4 Curug di Tegal, Salah Satunya Curug Monyet yang Tidak Seseram Namanya

Sebelum kejadian ini, kawanan monyet yang menghuni kawasan hutan Desa Galuhtimur ini, sebelumnya hanya menyerang kebun warga. Namun, sekarang beberapa di antara hewan  tersebut, sudah mulai berani masuk ke dalam lingkungan permukiman.

"Kalau datang bergerombol, bahkan seperti sudah tidak takut dengan manusia," tuturnya lagi dikutip dari Jateng.disway.id.

Tiga wilayah pedukuhan memang kerap didatangi kawanan monyet dalam musim kemarau ini. Di antaranya Dukuh Makamdawa, Kertabasa dan Galuhtimur II. 

Meski belum ada laporan adanya serangan monyet kepada manusia, pihak kepala desa meminta warga untuk mewaspadainya.

Subandi, selaku kades Galuhtimur membenarkan jika serangan monyet yang merusak kebun diduga karena sudah tidak ada lagi persediaan makanan di habitatnya.

Kondisi ini membuat kawanan monyet keluar hutan. Jumlahnya yang mencapai puluhan ekor itu keluar hutan dan mendatangi kebun hingga pemukiman warga.

"Terlebih sekarang kemarau berlangsung, sehingga ketersediaan makanan di habitatnya juga menyusut," ujar kades.

BACA JUGA:Pertanda Apa Ini? Kawanan Monyet Teror Warga Desa Srengseng Tegal Sejak Sepekan Terakhir

Sumber: jateng.disway.id