Unik! Nama Sama, Namun Kecamatan Ini Berada di Dua Kabupaten

Unik! Nama Sama, Namun Kecamatan Ini Berada di Dua Kabupaten

Tugu selamat datang di Kabupaten Brebes berada di wilayah Kecamatan Losari. (istimewa)--

RADAR TEGAL - Kabupaten Brebes merupakan wilayah paling barat di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Provinsi Barat (Jabar). Daerah ini berdekatan dengan Kabuapten Cirebon yang merupakan daerah paling timur di Provinsi Jabar.

Dari dua daerah ini, ada beberapa kesamaan. Salah satunya yakni, nama kecamatan. Ya, di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cirebon ada salah satu kecamatan yang namanya sama. Yakni, Kecamatan Losari.

Meskipun sama, namun dua kecamatan tersebut berada di dua daerah. Yakni, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes, Provinsi Jateng. Dan Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon, Provinsi Jabar.

Informasi yang diterima, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes memiliki 22 desa. Dengan pusat ibu kota atau pemerintahan kecamatan ada di Desa Losari Lor.

Berikut 22 desa yang ada di Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes. Yakni, Desa Babakan, Blubuk, Bojongsari, Dukuhsalam. Kemudian, Desa Jati Sawit, Kalibuntu, Karangdempel, Karangjunti. 

Selanjutnya, Desa Karangsambung, Kecipir, Kedungneng, Limbangan, Losari Kidul, Losari Lor, Negla, Pekauman, Pengabean. Lalu, Desa Prapag Kidul, Prapag Lor, Randegan, Randusari dan Desa Rungkang.

Di wilayah Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes sendiri memiliki dua bahasa. Yakni, Jawa dan Sunda. Untuk Bahasa Jawa banyak digunakan oleh sejumlah warga di desa bagian utara. Seperti, Desa Kecipir, Limbangan, Losari Kidul, Losari Lor, Pekauman, Pengabean. Lalu, Desa Prapag Kidul, Prapag Lor, Kalibuntu, Randegan, Randusari dan Desa Rungkang.

Sedangkan Bahasa Sunda banyak digunakan oleh warga Kecamatan Losari di desa bagian selatan. Seperti, Desa Bojongsari, Babakan, Kararangsembung, Jatisawit dan Negla.

Sementara Kecamatan Losari, Kabupaten Cirebon memiliki jumlah desa lebih sedikit dibanding Kecamatan Losari di Kabupaten Brebes. Yakni, hanya 10 desa.

Yaitu, Desa Ambulu, Astanalanggar, Barisan, Kalirahayu, Kalisari, Losari Kidul, Losari Lor. Kemudian, Desa Mulyasari, Panggangsari dan Desa Tawangsari.***

Sumber: