Kopi Dicampur Jahe? Ini Rekomendasi Kuliner Khas Ambon dengan Cita Rasa Autentik

Kopi Dicampur Jahe? Ini Rekomendasi Kuliner Khas Ambon dengan Cita Rasa Autentik

nasi kuning bagadang -menukuliner-

Sambal colo-colo

Selanjutnya, kuliner khas Ambon yang tak boleh terlewatkan adalah sambal colo-colo yang sangat cocok disajikan dengan ikan asap. 

Sambal ini terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat, dan jeruk nipis, kemudian diiris tipis dan dicampur menjadi satu wadah yang diberi kecap manis. Anda bisa menambahkan daun seledri supaya rasanya makin kuat dan sedap. 

BACA JUGA:Bosan Makan Seblak? Ini Rekomendasi Kuliner Khas Bandung yang Wajib Dicoba!

Nasi kuning bagadang

Bagi pecinta nasi, nasi kuning bagadang adalah pilihan yang tepat. Nasi kuning ini memiliki rasa gurih yang lezat. Biasanya disajikan dengan berbagai pelengkap seperti ikan, serundeng, acar, sambal goreng, sambal mentah, ayam goreng, perkedel, dan lainnya.

Rujak Natsepa

Kuliner khas Ambon ini menjadi hidangan yang dapat dinikmati di pantai Natsepa. Sama seperti rujak manis pada umumnya, rujak ini berisi buah-buahan seperti kedondong, mentimun, pepaya, mangga, nanas, jambu air, belimbing, dan sebagainya. 

Bedanya, ada potongan buah pala yang dicampur dengan irisan gula merah dan kacang tanah goreng. Anda bisa menikmatinya usai berenang di pantai Natsepa yang jernih dan indah. 

Kopi jahe alias rarobang

Tak kalah menarik adalah kopi jahe alias rarobang, sebuah minuman khas Ambon yang merupakan campuran kopi dengan jahe. Rasanya nikmat saat dinikmati bersama ketan yang disiram parutan kelapa dan gula aren yang biasa disebut pulut siram, koyabu, embal kacang, dan getuk.

Nah, itu lah rekomendasi kuliner khas Ambon yang bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin berkunjung ke Kota Ambon dan membawa pengalaman kuliner yang tak terlupakan.*** 

Sumber: icon of indonesia