Bikin Bangga! Predikat Kabupaten Tegal Layak Anak Naik dari Madya ke Nindya

Bikin Bangga! Predikat Kabupaten Tegal Layak Anak Naik dari Madya ke Nindya

PENGHARGAAN- Menteri PPPA Bintang Puspayoga (kiri) menyerahkan piala dan piagam penghargaan KLA Nindya kepada Bupati Tegal Umi Azizah (kanan) di Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Grand Ballroom Hotel Padma, Kota Semarang, Jumat, 22 Ju-Istimewa-

RADAR TEGAL - Kabupaten Tegal kembali membuat prestasi yang bikin bangga. Yakni predikat Kabupaten Tegal layak anak (KLA) yang sebelumnya Madya menjadi Nindya.

Peningkatan predikat ini tentunya disambut baik oleh Bupati Tegal Umi Azizah yang mengaku senang dengan peningkatan predikat ini.  Menurutnya, kunci utama mewujudkan KLA terletak pada formulasi kebijakan, program dan kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan anak. Hal itu dilakukan secara terencana, menyeluruh, dan berkelanjutan.

“Tidak mudah mewujudkan KLA ini tanpa ada komitmen yang kuat untuk mengintegrasikan program dan kegiatan yang secara langsung menyentuh dan melibatkan anak, mementingkan pemenuhan hak dan perlindungan anak, di samping kolaborasi dan kerja sama dari semua pihak,” kata Umi dalam press release yang masuk ke Radartegal.disway.id, Minggu, 23 Juli 2023. 

Dia berharap, melalui upaya penciptaan penataan sarana dan taman bermain anak di Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) dan kawasan GOR Trisanja yang berstandar nasional Indonesia, predikat KLA Kabupaten Tegal tahun depan diharapkan bisa naik peringkat ke kategori utama yang menurutnya tinggal menyisakan sedikit poin lagi untuk mencapai batas minimalnya.

BACA JUGA:Kerap Dianggap Angker, Waduk Cacaban Kabupaten Tegal Punya Sisi Unik yang Jarang Diketahui Orang

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tegal Khofifah yang turut hadir mendampingi Bupati Tegal. Menurutnya, dari perolehan nilai KLA Kabupaten Tegal tahun ini adalah 786 atau naik 90 poin dari tahun 2022 yang sebesar 696.

“Untuk meraih predikat KLA utama, kita masih kurang 16 poin lagi, dan itu akan diperkuat dengan perumusan kebijakan. Terutama pada proses penganggarannya yang melibatkan partisipasi anak ,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal Muhammad Faried Wajdy mengungkapkan, keterlibatan anak dalam agenda perencanaan pembangunan ke depan tidak terbatas partisipasinya pada agenda musrenbang anak saja. Namun juga keikutsertaannya pada proses penganggaran.

“Ke depan, kita buka ruang ke anak-anak untuk ikut serta dalam proses formulasi anggaran kegiatan yang berpihak pada anak. Tujuannya adalah menjamin anggaran kegiatan yang berpihak pada anak ini ditetapkan dalam APBD,   tidak menguap di proses penganggaran,” ujarnya. 

BACA JUGA:Nama Desa Unik di Kabupaten Tegal: 12 Desa dan Kelurahan yang Menarik Perhatian

Sebelumnya, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) kembali menggelar penganugerahan penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) 2023 kepada 360 daerah yang berkomitmen dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Termasuk Kabupaten Tegal yang tahun ini meningkat kategorinya dari madya ke nindya.

Penghargaan KLA 2023 ini diserahkan secara langsung oleh Menteri PPPA Bintang Puspayoga kepada Bupati Tegal Umi Azizah pada Malam Penganugerahan Kabupaten/Kota Layak Anak 2023 di Grand Ballroom Hotel Padma, Kota Semarang, Jumat, 22 Juli 2023.

Menteri PPPA mengatakan, penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak ini merupakan wujud apresiasi atas keberpihakan kepala daerah pada upaya perlindungan anak melalui implementasi kebijakan dan program berikut penganggaran daerah dalam menciptakan wilayahnya yang aman bagi anak.

“Penghargaan Kabupaten/Kota Layak Anak ini merupakan suatu bentuk apresiasi kami atas segala komitmen, keberpihakan dan keseriusan bupati, wali kota, dan jajarannya yang telah serius berupaya menghadirkan wilayahnya yang aman bagi anak,” kata Bintang.

Sumber: