5 Kota di Jawa Timur dengan Pengangguran Terbanyak, Ternyata Ada Surabaya

5 Kota di Jawa Timur dengan Pengangguran Terbanyak, Ternyata Ada Surabaya

Ilustrasi pengangguran di Jawa Timur./PIXABAY Firmbee--

RADAR TEGAL - Inilah 5 kota di Jawa Timur dengan pengangguran terbanyak. Ternyata dari total 9 kota terdapat 5 yang memiliki angka tinggi untuk warga yang masih menggangur.

Saat ini jumlah pengangguran di Jawa Timur sedang mengalami pengangguran. Pada tahun 2022 Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) sebesar 5,49% dan lebih kecil dibanding 2021 yaitu 5,74%.

TPT sendiri adalah penunjuk persentase jumlah pengangguran yang ada di Jawa Timur terhadap jumlah angkatan kerja.

Pengangguran saat ini masih menjadi penanganan khusus oleh pemerintah Indonesia. Sehingga mulai dari bantuan dana hingga pelatihan terus pemerintah lakukan.

BACA JUGA:Sempat Masuk Komik Titin, Ini Kondisi Bandara Tertua di Indonesia, Terbengkai dan Tidak Terawat Ada di Jakarta

Tujuannya agar masyarakat memiliki kemampuan untuk bekerja maupun membuka usaha dan memberikan peluang kerja kepada sekitar.

Saat ini pemerintah memberikan bantuan ke masyarakat berupa program Kartu Prakerja. Sehingga masyarakat bisa mencairkan uang usai mengikuti pelatihan.

Ternyata ini kota di Jawa Timur dengan pengganguran terbanyak. Sehingga bisa menjadi perhatian baik untuk pemerintah pusat maupun daerah.

Tujuannya agar masyarakat bisa mendapat pelatihan maupun pekerjaan yang layak agar bisa mencari uang dan meningkatkan perekonomian.

BACA JUGA:Jelajahi Kampung Unik di Cirebon yang Dikelilingi Kuburan, Buka Pintu Langsung Pemakaman Tua, Ada di Mana?

Inilah 5 kota dengan jumlah pengangguran di Jawa Timur terbanyak, melansir dari Buku Jawa Timur Dalam Angka 2023.

1. Kota Batu

Kota batu menjadi kota di Jawa Timur yang memiliki angka pengangguran terbesar. Pada tahun 2023 pengangguran sebesar 8,43% dibanding tahun 2021 yaitu 6,57%.

2. Kota Malang

Sumber: