Maju Jadi Kontestan Calon Kades di Kabupaten Tegal, Istiqomah Diarak Ratusan Warga Keliling Kampung

 Maju Jadi Kontestan Calon Kades di Kabupaten Tegal, Istiqomah Diarak Ratusan Warga Keliling Kampung

DIARAK KELILING - Calon Kades Kabunan (pakai blazer) diarak keliling kampung menuju kantor Sekretariat Pilkades Kabunan, Jumat, 21 Juli 2023.-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

DUKUHWARU, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Maju menjadi kontestan calon kepala desa (kades), Istiqomah Nur Rachmawati diarak ratusan warga keliling kampung. Perempuan ini diusung warga untuk maju sebagai kontestan calon kepala Desa Kabunan Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. 

Istiqomah diarak keliling kampung dengan diiringi musik angklung. Mereka berjalan kaki dari rumahnya hingga balai desa sejauh sekitar 500 meter. 

Saat di balai desa, Istiqomah ditemui langsung oleh ketua Panitia Pilkades. Setelah mendaftar, rombongan Istiqomah kembali lagi ke rumah.

"Warga memang antusias mendukung saya, dan warga ikhlas dan ridho berharap agar saya jadi kepala desa," ucapnya.

BACA JUGA:Jelang Pilkades Serentak Gelombang I, Dispermades Kabupaten Tegal Gembleng Panitia hingga Tomas

Karena dorongan itulah, Istiqomah yang akrab disapa Iis ini lantas mendaftar sebagai bakal calon (balon) kepala Desa Kabunan.

Saat mendaftar, Iis didampingi suaminya, kedua orang tuanya dan saudara kandungnya. Selain itu, Iis juga didampingi ratusan warga untuk menuju ke Sekretariat Panitia Pilkades Kabunan.

"Jadi warga yang mencalonkan saya, bukan saya yang mencalonkan diri. Sehingga warga antusias mengiringi saya saat saya mendaftar bakal calon kades di balai desa," kata Istiqomah, Jumat pagi, 21 Juli 2023.

Desa Kabunan ini merupakan satu dari 47 desa di Kabupaten Tegal yang menggelar pilkades serentak di gelombang pertama. Ketua Panitia Pilkades Kabunan Hartanto mengatakan, pendaftaran bakal calon kades ini dibuka mulai 21 sampai 28 Juli 2023. 

Sejauh ini, baru ada 1 orang yang mendaftar yakni Istiqomah Nur Rachmawati. Untuk Pilkades akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2023. 

BACA JUGA:Jadwal dan Tahapan Pilkades Serentak Kabupaten Tegal 2023, Nomor 9 Paling Rawan Konflik

Sedangkan gelombang kedua, rencana akan dilaksanakan pasca Pemilu 2024. Kemungkinan jumlahnya lebih dari 200 desa. 

Hartanto menyebut, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Desa Kabunan sebanyak 5164 orang. Namun, jumlah itu kemungkinan bisa berubah saat pelaksanaan Pilkades.

"Untuk peserta calon kades minimal 2 orang dan maksimal 5 orang," imbuhnya. ***

Sumber: