Dulu Bernama Celebes, Begini Asal Usul Nama Pulau Sulawesi yang Jarang Diketahui

Dulu Bernama Celebes, Begini Asal Usul Nama Pulau Sulawesi yang Jarang Diketahui

--by google maps

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lima pulau yang besar. Salah satu pulau terbesar di Indonesia adalah Pulau Sulawesi.

Sulawesi merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan terbesar kesebelas di dunia. Pulau Sulawesi memiliki luas sebesar 186.216 km² dengan jumlah penduduknya yang mencapai 20,34 juta jiwa. 

Pulau Sulawesi memiliki bentuk yang unik, yaitu berbentuk huruf K. Bentuk tersebut bisa terjadi karena tabrakan dua pulau. 

Pada awalnya Indonesia tidak memiliki Pulau Sulawesi, hanya ada laut diantara dua pulau. Namun, dua pulau tersebut saling bertabrakan hingga membentuk Pulau Sulawesi yang ada saat ini. Ketika pulau baru terbentuk pasti harus memiliki nama.

 

Suatu nama pasti memiliki filosofinya sendiri, begitu juga dengan penamaan Pulau Sulawesi yang ternyata memiliki filosofi yang jarang diketahui orang lain. Pada kesempatan kali ini, radartegal.disway.id akan membahas mengenai asal usul penamaan Pulau Sulawesi.

Dilansir dari kanal Youtube gumata2782, terdapat beberapa pendapat yang diperkirakan mejadi asal usul penamaan Pulau Sulawesi. Yuk, langsung saja Anda simak artikel berikut ini. 

BACA JUGA:Fakta-fakta Sulawesi Tengah yang Menduduki Posisi Keenam Provinsi Terkaya di Indonesia

Asal Usul Nama Pulau Sulawesi

Penamaan Sulawesi berasal dari kata ‘Sula’ yang artinya pulau dan ‘Wesi’ yang artinya besi. Alasan penamaan ini karena Pulau Sulawesi terkenal sebagai penghasil bijih besi. 

Tidak banyak yang tahu, Sulawesi pernah dikenal dengan nama Celebes. Nama Celebes merupakan nama yang diberikan pelaut Portugis pada abad ke-15 dan ke-16. Kata Celebes muncul sebagai pelafalan kata Sulawesi berdasarkan lidah orang Portugis.

Terdapat pula cerita yang berkembang di masyarakat mengenai alasan penamaan Celebes. Pada zaman dahulu ada seorang pelaut Eropa yang baru tiba di pesisir, lalu pelaut tersebut bertanya tentang nama tempat ke seorang penduduk lokal. 

BACA JUGA:Yuk, Kenal Lebih Dalam dengan Suku Tolitoli yang Terkenal Memiliki Tiga Leluhur

Perbedaan bahasa membuat warga lokal yang saat itu sedang membersihkan badik menjadi salah mengartikan maksud pelaut tersebut. Warga tersebut mengira pelaut bertanya tentang benda apa yang sedang digenggamnya, warga tersebut pun menjawab sele bessi yang berarti badik. 

Sumber: youtube.com/gumata2782