CPNS 2023 dan PPPK Tidak Hanya Tampung Honorer, Fresh Graduate Merapat!

CPNS 2023 dan PPPK Tidak Hanya Tampung Honorer, Fresh Graduate Merapat!

Ilustrasi CPNS 2023-Tangkapan Layar-

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Informasi ini pasti banyak ditunggu-tunggu para fresh graduate yang ingin berkarier di lembaga pemerintahan. CPNS 2023 dan PPPK dipastikan tidak hanya menampung tenaga honorer. 

Hal ini sesuai pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas yang sudah menghadap Presiden Jokowi membahas soal ini. Menurutnya, kebijakan dan tahap-tahap penyelenggaraan seleksi CASN 2023 sedang disiapkan, baik untuk CPNS maupun PPPK. 

Rencananya, secara nasional formasi CASN 2023 sebanyak 1.030.751 terdiri dari CPNS dan PPPK. Anas menyebutkan, dari total formasi tersebut sekitar 20 persen untuk fresh graduate. 

Khusus formasi yang disediakan bagi fresh graduate, akan diutamakan pelamar yang punya talenta digital karena birokrasi harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi masa depan. 

“Fresh graduate itu kami utamakan yang talenta digital. Nantinya, fresh graduate ini akan sangat tinggi kualifikasinya untuk mengisi tempat-tempat yang dibutuhkan kementerian, lembaga, dan daerah. Jadi rekrutmen 2023 mengakomodasi teman-teman non-ASN yang sudah proses mengabdi kepada negara, serta teman-teman fresh graduate,” jelas Menteri Anas.

BACA JUGA:Benarkah Tenaga Honorer Masa Kerja 5 Tahun Akan Diangkat CPNS Tanpa Tes? Ini Kata APEKSI Komisariat V

Anas sendiri sebelumnya pernah mengatakan, seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 tidak hanya untuk mengakomodasi honorer, tetapi juga pelamar dari fresh graduate. Anas mengatakan, dalam seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023 pihaknya akan berusaha menyelesaikan perekrutan tenaga non-ASN atau honorer menjadi ASN, sekaligus mengambil kalangan lulusan baru atau fresh graduate. 

"Jadi ini kan ada komplain anak-anak yang baru lulus ini, masa honorer terus yang diurus, kami yang baru lulus mau juga mengabdi ke bangsa dan negara. Nah ini kita siapkan formasi, kita laporkan ke Presiden untuk terus dikaji," kata Menteri Anas. 

Menteri Anas menjelaskan hal tersebut seusai menghadap Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, dikutip dari situs resmi KemenPAN-RB. 

Diakuinya, saat ini para peminat kursi ASN masih menunggu kapan pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK 2023 akan dimulai. Namun, pemerintah belum menetapkan jadwal seleksi CPNS 2023 dan PPPK 2023. 

BACA JUGA:400 CPNS dan PPPK Mundur, Menteri PAN RB: Merugikan Negara, Seleksi Akan Diperketat

Sekretaris Utama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Imas Sukmariah menjelaskan, saat ini KemenPAN-RB masih pada tahap menghitung kebutuhan CPNS dan PPPK yang akan direkrut pada 2023.

 “Untuk seleksi penerimaan CASN tahun 2023, saat ini masih menunggu penetapan kebutuhan oleh Kementerian PANRB yang direncanakan akan disampaikan ke instansi pada akhir bulan Juli 2023,” kata Imas pada kegiatan Kunjungan Kerja Reses Komisi II DPR RI ke Provinsi Jawa Barat, di Kantor Gubernur Jabar, Bandung, Selasa, 18 Juli 2023, dikutip dari situs resmi BKN. 

Belajar dari pengalaman, biasanya pemerintah akan memberikan pengumuman pendaftaran CPNS 2023 setelah ada penetapan formasi. ***

Sumber: bkn