Dari Bikin Gatal-gatal Hingga Kematian, Inilah 7 Tanaman Beracun di Indonesia

Dari Bikin Gatal-gatal Hingga Kematian, Inilah 7 Tanaman Beracun di Indonesia

Tanaman jarak, salah satu tanaman beracun di Indonesia--https://youtu.be/m1Grv1n51xA

RADARTEGAL.DISWAY.ID - Indonesia adalah negara dengan kekayaan hayati yang melimpah ruah. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya alam Indonesia. Selain yang menakjubkan, ada juga yang bikin perlu hati-hati, karena tanaman beracun pun ada di Indonesia.

Tanaman beracun di Indonesia pun beragam jenisnya. Ada yang bisa menyebabkan efek yang tidak begitu parah, tetapi ada juga yang bisa menjadi penyebab kematian.

Beberapa dari tanaman beracun ini tumbuh di suatu hutan belantara di bentang alam Indonesia. Tetapi, beberapa dari tanaman itu juga tumbuh di antara kita.

Maka dari itu, kita harus mengetahui apa saja tanaman beracun itu, supaya kita bisa berhati-hati. Dilansir dari Youtube Eiko World, inilah 7 tanaman beracun di Indonesia.

BACA JUGA:Evolusi Babi Indonesia Ini Unik Banget, Satu-Satunya di Asia Tenggara!

1. Rawe

Masih satu keluarga dengan kacang koro, tanaman ini memiliki kulit berbulu dengan warna belang cokelat. Rawe adalah tanaman asli Indonesia. Bagian beracun dari tanaman ini adalah bulu di kulitnya itu.

Jika bulu rawe terkena kulit, maka kulit akan terasa gatal dan panas, bahkan katanya lebih parah dari gatalnya ulat bulu. Racun di bulu rawe itu bisa bertahan sampai berminggu-minggu.

Tanaman ini tumbuh menjalar ke atas, biasa ditemukan di semak-semak yang menyelubungi bambu.

2. Pohon Rengas

Nama lainnya adalah gluta. Pohoon ini biasa dimanfaatkan kayunya untuk bahan mebel dan bangunan. Tetapi, ternyata racun tumbuhan ini ada pada getahnya.

Jadi, pohon rengas yang baru ditebang akan mengeluarkan getah berwarna kemerahan. Getah ini apabila terkena kulit akan menyebabkan rasa panas, perih, dan gatal. Dalam kasus yang parah, kulit bisa melepuh seperti luka bakar.

Obat dan atibodi alami dari luka ini jarang yang tahu, padahal ada pada daun rengas yang masih muda. Daun rengas muda itu hanya perlu dikonsumsi saja, misalnya dengan dijadikan lalapan.

3. Pohon upas atau ancar

Sumber: https://youtu.be/m1grv1n51xa