Kampung Madras Little Town India Di Medan, Begini Asal-Usul dan Kisah Perjalanan Sejarahnya

Kampung Madras Little Town India Di  Medan,  Begini Asal-Usul dan Kisah Perjalanan Sejarahnya

Kampung Madras Medan-YouTube-

RADARTEGAL.DISWAY.ID-Ketika mengunjungi daerah Melayu Deli  Kota Medan akan  menjumpai sebuah kampung. Sebagian besar  terdiri dari bangsa Tamil berkulit  gelap yang populer dengan sebutan Kampung Keling, Kampung Madras dan little India atau Kampung Madras Little Town India.

 Kampung Madras Little Town India di  Medan yang sebagian besar    masyarakat India yang datang ke Medan berasal dari etnis India Tamil.  Mereka umumnya berkulit keling atau hitam itulah mengapa  kemudian dahulu disebut  Kampung Keling.

Masyarakat Medan memang sejak lama  menyebut Kampung Madras dengan Kampung Keling. Lantaran orang-orang yang tinggal  di daerah tersebut  terdiri bangsa Tamil berkulit gelap.  Sejak itu masyarakat Medan menyebut Kampung Madras

Sejarah Kampung Madras

Terbentuknya  Kampung Madras di tengah  kota  Medan bermula sekitar abad  ke-19. Mereka sengaja  datang ke  Sumatera Utara  bekerja  sebagai kuli industri  perkebunan tembakau. Para pekerja perkebunan tidak hanya  orang India saja  melainkan sebagian orang China  dan orang Jawa.

Kedatangan  orang-orang India bukan sekedar  menjadi kuli   kemudian  mereka ada  juga yang  berdagang. Menarik  para pedatang berasal dari India yang bekerja sebagai pedagang  tinggal tidak menetap. Seiring bergulirnya  waktu jumlah  kuli perkebunan makin bertambah  banyak  setiap tahun hampir mencapai 3.200 lebih.

Datang  Mencari Peruntungan

Tidak  hanya mencari  pekerjaan sebagai kuli perkebunan untuk mendapat pekerjaan dan kehidupan layak. Mereka diduga datang ke  Sumatera Utara mencari peruntungan termasuk berdagang dan menyebarkan ajaran  Hindu  dan Budha. 

Setelah  peruntungan diperoleh seperti pekerjaan                   dan penghasilan kemudian mereka memutuskan  dan membangun pemukiman di  Kota Medan. Merantau sangat  jauh dari negara  asal mendorong mereka berinisiatif  membangun pemukiman.

Baik lokasi  perkebunan  maupun wilayah kota Medan dan sekitarnya kemudian dari  sinilah terjadi kulturasi dengan masyarakat setempat   seperti masyarakat Batak yang ada disana.

Terbentuknya  Kampung  Madras

Ketika orang-orang India Tamil  datang ke kawasan Sumatera Utara, tepatnya  Medan kehidupan sosial masih berpegang  teguh. Seiring bergulirnya waktu mereka  bisa beradaptasi dengan warga lokal  dengan baik.

Kemudian  dari Jalan Calcuta sekarang berganti menjadi Jalan Zainun Arifin  itulah sekarang menjadi tempat mereka tinggal. Jumlah bangsa Tamil menetap  di wilayah tersebut cukup banyak masyarakat Kota Medan menyebutnya Kampung Madras  populer  sebutan Little Town India      

Sudah lama masyarakat  Kota Medan menyebut pemukiman terletak kawasan Jalan Zainun Arifin. Dengan nama  Kampung Madras dengan Kampung Kelling mengingat orang-orang yang tinggal di daerah tersebut  sebagian bangsa Tamil.

Penuh dengan Nuansa India

Kampung Madras Little Town India di  Medan memang berbeda dari  kampung yang ada disekitarnya.   Lantaran ketika  masuk  kawasan kampung ini akan menjumpai suasana  kental  penuh dengan nuansa India .

Paling menonjol bangunan khas  di Kampung  Madras adalah kuil Sri Shri Mariamman  dan kuil  Subramaniem yang arsitektur India kemudian keberadaan Masjid Ghaudiyah juga  gaya India. Selain bangunan ada hal menarik kehidupan wanita berpakaiian kain sari khas india begitu kaum laki-laki memakai sorban.

Masih banyak lagi hal menarik yang hanya  dijumpai di  Kampung Madras Little Town India. Seperti  perayaan Diwali yang digelar 5 hari berturut-turut di bulan Oktober-November. Tidak  ketinggalan kuliner khas  India antara lain nasi briyani,  kuah kari sampai roti canai lezat.   

Kini, perkembangan Kampung Madras Little Town India di  Medan terus berkembang pesat, Masyarakat India di kampung tersebut menerima  warga  dari etnis lain berasal berbagai daerah.

Seperti Cina,, suku Aceh, suku Jawa maupun  Melayu dan itulah sekilas Kampung Madras Little Town India di  Medan. Dari asal-usul  sejarah sampai suasana kampung kental  nuansa India.*

 

 

Sumber: