Keren! Sate Blengong di Brebes Diusulkan Sebagai Warisan Tak Benda

Keren! Sate Blengong di Brebes Diusulkan Sebagai Warisan Tak Benda

Sate Blengong Brebes siap saji. (Dok. Istimewa)--

BREBES, radartegal.disway.id - Selain terkenal dengan telur asin dan bawang merah, Kabupaten Brebes juga terkenal degan Sate Blengong di kulinerannya. Bahkan, Sate Blong Brebes saat ini diusulkan menjadi warisan takbenda.

Sejarawan sekaligus Kepala Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Brebes Wijanarto mengatakan. Dalam formilir pendaftaran warisan budaya tak benda menyebutkan, tahun ini, Sate Blengong Brebes sudah di daftarkan menjadi warisan takbenda ke pemerintah pusat.

"Tahun ini pengumumannya. Kalau untuk formulir pendaftaran warisan budaya takbenda sudah kami isi. Tinggal pengumumannya saja," ujarnya, Kamis, 20 Juli 2023.

Wijanarto menjelaskan, Sate Blengong Brebes bermula dari kampung Pasarbatang. Kemudian kuliner sate blengong berkembang dan dipasarkan di wilayah kampung Pasarbatang. 

Memang kampung ini dikenal sebagai lahirnya produk kuliner ini. Dasawarsa 1990an telah menyebar di luar kampung Pasabatang seperti di wilayah Brebes kota (kompleks Alun-alun Brebes), Wanasari, kampung Saditan, Limbangan hingga Bulakamba. 

Namun dipastikan beberapa penjual sate blengong merupakan keluarga besar. Seperti keluarga Kasturi, Khasanah, Mulyono, Khalimi. 

"Melusnya penjualan, saat ini Sate Blengong Brebes juga dijajakan di Rest Area Banjaratma. Di sana terdapat lapak penjualan sate blengong. Warisan kuliner inilah yang menjadikan sense of remembrance warga Brebes yang merantau keluar Brebes. Sehingga produk kuliner ini merekatkan proses silahturahim sosial," jelasnya.

Sate blengong, lanjutnya, menjadi khazanah pusaka kuliner di Kabupaten Brebes. Kuliner tersebut memadukan pengetahuan dan keterampilan pengolahan pangan. 

Seperti diketahui, Blengong merupakan salah satu jenis unggas hasil persilangan antara itik dengan entog. Jadi, teknologi pangan dengan bahan baku unggas blengong menjadi variasi pusaka kuliner selain telor asin. 

"Selain itu sate blengong membuktikan perpaduan pengaruh kuliner salah satunya adalah kuliner kari. Karena kuah sate blengong berbahan ramuan rempah-rempah plus santan dengan rasa pedas gurih," imbuhnya.

Sejarah kuliner sate blengong berasal dari kampung Pasarbatang kecamatan Brebes. Dimulai dari tokoh Marda dengan berkeliling kampung sejak tahun 1970an. Dari Marda inilah melahirkan generasi penjual sate blengong seperti keluarga Kasturi, keluarga Kari. 

"Mereka lalu menjual sate blengong dan kupat sayur di kompleks alun alun Brebes, Saditan, dan Islamic Center Brebes. Dan hingga saat ini terkenal menjadi Sate Blengong," pungkasnya.*** 

Sumber: