Walaupun Kental Dengan Kawasan Pabrik dan Area Persawahan, 5 Kecamatan Ini Paling Maju di Brebes

Walaupun Kental Dengan Kawasan Pabrik dan Area Persawahan, 5 Kecamatan Ini Paling Maju di  Brebes

Kecamatan Paling Maju di Brebes--

TEGAL, radartegal.disway.id - Brebes kental dengan daerah persawahaan dan daerah industri pabrik garment, namun siapa sangka 5 Kecamatan ini menjadi kecamatan paling maju di daerah salah satu penyumbang bawang terbesar di indonesia.

Brebes merupakan kabupaten yang cukup luas di Provinsi Jawa Tengah. Sebagian dataran di Brebes merupakan dataran rendah dan sebagian lainnya berupa dataran tinggi.

Brebes selalu identik dengan telur asin atau warga disana menyebutnya 'ndog asin'. Tak hanya itu Brebes juga menjadi daerah pemasok bawang merah terbesar di Indonesia. Tak eran kebanyak kawasan di Brebes adalah kawasan persawahan.

Selain itu, beberapa kawasan di Brebes merupakan kawasan industri pabrik, seperti pabrik sepatu, dan sejumlah pabrik garmen lainnya. Kendati demikian kualitas udara di daerah Brebes masih terbilang bagus.

Brebes terdiri dari 17 kecamatan, 5 kelurahan, dan 292 desa. Ibukota dari Brebes adalah Kota Brebes. Dari 17 kecamatan yang ada di Brebes ternyata ada 5 kecamatan paling maju di daerah pemasok bawang terbesar di Indonesia itu. Penasaran apa saja? akan kami jelaskan dalam penjelasan di bawah ini.

5 Kecamatan Paling Maju di Brebes

1. Kecamatan Bumiayu

Kecamatan Bumiayu, menjadi pusat aktivitas warga Brebes bagian selatan. Kecamatan bumiayu berada pad dataran tinggi, serta dilalui oleh jalan utama Tegal-Purwokerto.

Di Bumiayu ada terdapat pasar yang unik yang hanya setiap 5 hari sekali menurut kalender pasaran Jawa, nama pasarnya adalah Pasar Wagen. Karena kawasan bumiayu didominasi kawasan perdagangan yang membentang dari Talok sampai Jatisawit, maka mata pencaharian warga disini adalah menjadi pedagang.

BACA JUGA:Memiliki 1 Juta Lebih Penduduk, Berikut Ini 10 Kabupaten Terluas di Jawa Tengah

2. Kecamatan Jatibarang

Kecamatan Jatibarang menjadi salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tegal. Di Kecamatan Jatibarang, ada sebuah pabrik gula peninggalan zaman kolonial belanda yang sampai sekarang masih berdiri dan sellalu dijaga oleh masyarakat disana.

Jatibarang terdiri dari beberapa desa, serta memiliki kantor kecamatan di Jalan Raya Timur, Jatibarang, Brebes.

3.Kecamatan Ketanggungan

Sumber: youtube : awan tv