Keunikan Desa Jalawastu Brebes: Menelusuri Kampung Jalawastu dan Pantangan-Pantangannya

Keunikan Desa Jalawastu Brebes: Menelusuri Kampung Jalawastu dan Pantangan-Pantangannya

--

TEGAL, radartegal.disway.id- Keunikan Desa Jalawastu Brebes ,Desa Brebes di Jawa Tengah menyimpan keunikan budaya yang menarik, salah satunya adalah Kampung Jalawastu yang terletak di tengah-tengah daerah tersebut.

 

Kampung Jalawastu salah satu  Keunikan Desa Jalawastu Brebes yang  masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat leluhur mereka.

 

Keunikan Desa Jalawastu Brebes ini,  Dengan penggunaan Bahasa Sunda yang menjadi ciri khas komunikasi sehari-hari, serta berbagai pantangan yang harus mereka ikuti oleh masyarakat setempat.

 

Inilah yang membuat kampung ini begitu istimewa dan menarik untuk dikunjungi. Mari kita telusuri lebih dalam Keunikan Desa Jalawastu ini dan pantangan pada Kampung tersebut.

 

Keunikan Desa Jalawastu Brebes

 

1.Penggunaan Atap dari Alang-Alang

 

Selain larangan menggunakan semen dan keramik, masyarakat Jalawastu menggunakan atap rumah dari alang-alang. Alang-alang dianggap sebagai alternatif yang baik karena dapat menjaga suhu rumah agar tetap sejuk di musim panas dan hangat saat musim hujan. Penggunaan alang-alang sebagai atap rumah memberikan identitas visual yang unik pada kampung ini.

Sumber: