Meski Terancam Punah, Swedia Izinkan Pemburuan Kucing Lynx hanya untuk Kesenangan?

Meski Terancam Punah, Swedia Izinkan Pemburuan Kucing Lynx hanya untuk Kesenangan?

Pemburuan kucing Lynx di Swedia-pexels/David Selbert-

radartegal.disway.id – Meskipun terancam punah, di Swedia mengizinkan pemburuan kucing Lynx karena alasan yang tidak masuk akal. Padahal, spesies kucing liar ini kini populasinya sudah semakin berkurang.

Bahkan, pemburuan kucing Lynx ini tidak hanya dilakukan oleh warga di Swedia. Melainkan, pihaknya mengizinkan pemburuan dari segala penjuru dunia untuk kucing satu ini.

Melansir dari kanal YouTube Muslimah Media Center pada Rabu, 19 Juli 2023, berikut informasi seputar kucing Lynx dan pemburuan mereka di Swedia. Bahkan pembantaian ini menjadi pusat perhatian dunia!

Apa itu kucing Lynx?

Kata Lynx berasal dari kata Yunani yang bermakna ‘bersinar’ karena mata reflektif mereka. Ciri khas dari kucing liar satu ini, yaitu jumbai rambut menonjol di atas telinganya, berekor pendek, serta berbadan agak gemuk.

BACA JUGA:Fakta Suku Biak, Viking Asli Indonesia dari Wilayah Papua

Mereka biasanya hidup berkelompok atau sendiri-sendiri dan berada di hutan Amerika Utara, Eropa, dan Asia.

Melansir dari laman National Geographic, kucing Lynx biasanya berwarna coklat muda, merah atau abu-abu dengan bintik-bintik berwarna gelap untuk kamuflase di alam liar.

Ada ratusan kucing Lynx diburu di Swedia pada Maret 2023

Pada Maret 2023 ini, ada pemburuan terhadap 201 kucing Lynx di Swedia. Pemerintah Swedia mengeluarkan izin selang beberapa minggu setelah Skandinavia menyetujui pemusnahan serigala terbesar dalam sejarah modern. 

Dampak dari perizinan inilah yang membuat ratusan kucing Lynx tersebut harus tewas.

Jumlah itu merupakan 2 kali lipat daripada pembantaian terhadap kucing Lynx pada tahun-tahun sebelumnya.

Pemburuan biasanya dilakukan dengan menggunakan anjing untuk menakuti para kucing Lynx dari tempat persembunyian mereka. 

Saat para kucing Lynx sudah keluar dan berlari ke atas pohon, disitulah para pemburu menembak mereka.

Sumber: