Watergong Klaten, Sungai Bersih Ala-Ala Jepang yang Menghabiskan Dana Hingga 3 M!

Watergong Klaten, Sungai Bersih Ala-Ala Jepang yang Menghabiskan Dana Hingga 3 M!

--youtube.com

TEGAL, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Tahukah Anda dengan Sungai Watergong, Klaten? Sungai ini sempat viral di media sosial.

Memiliki air yang jernih dengan ikan-ikan di dalamnya, menjadikan sungai ini seperti sungai di Jepang. Watergong Klaten menjadi salah satu sungai paling bersih di Indonesia.  

Bagi Anda yang senang mengunjungi wisata alam seperti sungai yang tenang, Waterboom Klaten cocok dijadikan pilihan. Tenangnya aliran sungai di tempat ini akan membuat Anda merasa damai.

BACA JUGA:Kolam Abadi, Salah Satu Sungai Paling Bersih di Indonesia, Jernihnya Sebening Kaca!

Melansir dari kanal youtube CapCapung, berikut sederet informasi mengenai Sungai Watergong sebagai salah satu sungai paling bersih di Indonesia

Asal-usul Sungai Watergong 

Sungai ini awalnya merupakan sungai kotor yang menjadi tempat pembuangan sampah milik masyarakat. Berkat inisiatif dan kebaikan hati Mbah Bagong, sungai ini disulap menjadi sungai bersih yang di dalamnya hidup banyak ikan-ikan. 

Untuk menjadikan sungai ini bersih, indah, dan unik, Mbah Bagong menghabiskan uang sebanyak 3 miliar rupiah. Tentu ini adalah harga yang mahal sekali. 

Kebaikan hati Mbah Bagong untuk mendonasikan uangnya sebesar itu menghasilkan sungai yang indah. Pastinya Mbah Bagong tidak menyesal sudah menghabiskan banyak uangnya.

Karena sungainya sekarang menjadi tempat wisata yang menarik perhatian banyak orang. 

Keberhasilan dari kerja keras Mbah Bagong 

Langkah awal yang dilakukan Mbah Bagong adalah menempatkan gerobak-gerobak sampah di setiap rumah warga. Hal ini bertujuan agar warga memiliki kesadaran untuk tidak membuang sampah di sungai.  

Menurut Mbah Bagong, mengubah karakter masyarakat agar sadar akan kebersihan lingkungan adalah hal yang paling sulit untuk beliau lakukan. 

Setiap hari Mbah Bagong akan mengumpulkan sampah-sampah di setiap gerobak. Kemudian, beliau akan membuang sampah tersebut di tempat pembuangan akhir. 

Sumber: youtube capcapung