Fakta Menarik dan Sejarah Penemuan Kertas, Berperan Penting dalam Peradaban Manusia

Fakta Menarik dan Sejarah Penemuan Kertas, Berperan Penting dalam Peradaban Manusia

Ilustrasi. Fakta menarik dan sejarah penemuan kertas dalam peradaban manusia-freepik-

Kertas di era digital

Meski memiliki peran penting dalam ratusan tahun lamanya, kertas semakin tergerus dengan perkembangan teknologi.

Di era digital saat ini, kertas menghadapi tantangan baru dengan munculnya teknologi digital. Tugas maupun peran kertas dalam sehari-hari kini sudah mulai tergantikan dengan media digital. 

BACA JUGA:7 Fakta Menarik Burung Cenderawasih, Menjadi Simbol Papua

Meskipun begitu, kertas masih memiliki nilai dan kegunaannya sendiri. Industri kertas telah mengalami transformasi agar tetap eksis dan relevan di era digital sekalipun. Mereka berfokus pada produksi kertas ramah lingkungan dan inovasi teknologi.

Fakta menarik tentang kertas di beragam budaya

Setelah mengenal tentang sejarah tentang penemuan kertas hingga proses pembuatan dan eksistensinya, mari kita bahas fakta menarik tentang kertas ini, khususnya di berbagai budaya.

Kertas memiliki nilai budaya yang sangat penting di beragam negara. Misalnya di Jepang, seni origami menggunakan kertas sebagai media untuk menciptakan karya seni yang indah.

Contoh lainnya di Tiongkok, kertas merah masyarakatnya gunakan dalam tradisi perayaan dan upacara pernikahan sebagai simbol keberuntungan. Sementara itu, di India kertas berperan penting dalam seni kalamkari dan warisan tekstil. 

Maka tidak heran jika kertas termasuk salah satu penemuan yang mengubah dunia. Setiap budaya memiliki cara unik untuk menghargai dan menggambarkan keindahan kertas.

Sejak penemuan kertas pertama kali di Tiongkok kuno, kertas telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian manusia. 

Sebagaimana yang sudah terjelaskan tadi, kertas berperan penting dalam penyebaran pengetahuan, memberikan fasilitas komunikasi, bahkan menjadi wadah untuk mengekspresikan karya seni yang indah dan bermakna.

Meskipun saat ini sudah serba digital, kertas masih memiliki tempat penting dalam kehidupan manusia. 

Itulah fakta menarik dan sejarah tentang kertas, mulai dari proses pembuatannya hingga perannya untuk perkembangan serta peradaban manusia. (*)

Sumber: