5 Pola Makan Untuk Mencegah Uban Muncul

5 Pola Makan Untuk Mencegah Uban Muncul

Mencegah Uban -5 Pola Makan Mencegah Uban-

Kebutuhan zat besi bisa dicukupi dengan mengonsumsi daging merah, sayuran hijau, jeroan, ikan, seafood, dan kacang-kacangan. Bagi pelaku vegan atau vegetarian, jangan lupa juga mengonsumsi makanan vitamin C pada saat yang sama karena membantu tubuh menyerap lebih banyak zat besi.

 

4. Utamakan konsumsi protein (keratin)

Kamu mungkin tak asing dengan istilah keratin pada perawatan rambut. Keratin biasanya dipakai untuk meluruskan rambut. Keratin sendiri merupakan jenis protein yang muncul di permukaan sel.

Ketika protein keratin terurai di folikel rambut, hal ini dapat menyebabkan kerontokan dan perubahan pigmentasi yang mengarah pada kemunculan uban. Keratin memang tidak bisa dimakan, tapi bisa didapatkan jika kamu mengasup sumber protein yang cukup. Dengan begitu, tubuh dapat mengekstraksi asam amino dan mengubahnya menjadi keratin.

 

5. Konsumsi makanan mengandung Vitamin B-6 dan B-12

Pola makan lain untuk mencegah uban muncul terlalu cepat adalah mengonsumsi makanan mengandung vitamin B-6 dan vitamin B-12. Untuk vitamin B-6, misalnya, berfungsi melancarkan metabolisme tubuh sekaligus menambah imunitas.

Vitamin B-6 bisa didapat dari konsumsi beragam makanan, termasuk ikan, unggah, kentang, dan buah non-citrus. Lalu untuk vitamin B-12 berperan sangat penting dalam mencegah munculnya uban terlalu dini.

Penelitian mengungkap kekurangan vitamin B-12 sering bersamaan dengan kondisi kurangnya asam folat dan biotin pada orang yang rambutnya berubah lebih awal. Vitamin B-12 bisa didapat dari konsumsi daging, produk dairy, dan sereal yang difortifikasi vitamin ini.

Itulah 5 pola makan yang harus kalian terapkan untuk mencegah uban muncul lebih cepat. Semoga bermanfaat.***

 

 

 

Sumber: