Mau Adukan Pungli di Sekolah se-Jateng WA Saja ke 082329615325, 7 Bulan Ada 284 Aduan 152 Sudah Diproses

Mau Adukan Pungli di Sekolah se-Jateng WA Saja ke 082329615325, 7 Bulan Ada 284 Aduan 152 Sudah Diproses

--

SEMARANG, radartegal.disway.id – Untuk menampung aduan masyarakat tentang dugaan praktik pungutan liar atau pungli di sekolah di Jateng, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membuka kanal khusus. 

Kanal khusus itu untuk menampung aduan pungsi di sekolah, antara lain SMA, SMK, dan SLB Negeri di seluruh Jawa Tengah. Sebelumnya informasi tentang kanal aduan tersebut diunggah akun instagram resmi @ganjar_pranowo, Kamis 13 Juli 2023 lalu.

Melalui unggahannya itu, Ganjar mengatakan, bagi warga yang menemukan praktik pungli di sekolah kepada siswa dan orang tua/wali bisa melapor langsung kepadanya. Yakni melalui WA 082329615325, akun instagram @pdkjateng, dan website serta aplikasi LaporGub!.

Sejumlah kriteria pungutan yang dikategorikan sebagai pungli di sekolah, antara lain uang gedung, SPP, infak, wisata, wisuda, dan jenis pungutan dalam bentuk apapun. Selain itu, juga pengadaan seragam hanya boleh dilakukan secara mandiri oleh siswa, orang tua, dan wali siswa.

Gubernur tidak memperbolehkan pengadaan seragam sekolah melalui satuan pendidikan, koperasi sekolah, guru, organisasi, lembaga sekolah, penunjukan toko, dan paguyuban. Langkah Ganjar itu pun mendapat respon positif dari sejumlah warganet.

Apresiasi positif warganet

Salah seorang netizen dengan akun @harun.arrayid_sag mengapresiasi Pemprov Jateng, yang mempunyai komitmen untuk memberantas praktik pungli di Jateng. “Apresiasi setinggi2nya sih buat pemerintah Jateng soal berantas pungli. Bangga pol aku jdi warga Jateng,” tulisnya.

Sedangkan akun @safiraharuti21mendukung 100 persen, upaya yang Gubernur Ganjar Pranowo lakukan untuk memberantas praktik pungli. “Oh ya sudah jelas ini hal yang perlu didukung 100% lah ya. Kasian tau ortu siswa harus bayar hal2 yang semestinya bukan tanggungan mereka.” 

Tak hanya mengapresiasi, akun @miakhansasetya17 juga mengajak warga untuk ikut berpartisipasi memerangi pungli di sekolah se-Jateng. Hal itu bisa mereka lakukan dengan melaporkannya, apabila mengetahui terjadinya praktik pungli.

“Yo yo yok yang punya keluhan sekolahnya masih bayar segera dilaporkan saja yok!!!” tulisnya.

Fasilitasi warga laporkan pungli

Pada era kepemimpinan Ganjar, Pemprov Jateng memfasilitasi warganya yang ingin melaporkan praktik pungli melalui aplikasi LaporGub!. Berdasarkan data LaporGub!, total aduan pungli di sekolah per kabupaten/kota sejak 1 Januari hingga 10 Juli 2023 lalu, ada sebanyak 284 aduan.

Dari total data tersebut, 152 aduan sudah selesai diproses, 69 dalam tahap verifikasi, 45 dalam progres, dan 17 aduan masuk kategori spam. Sedangkan 1 aduan belum dijawab. 

Sementara itu, pengamat pendidikan yang juga dosen Universitas PGRI Semarang (UPGRIS), Ngasbun Egar, mengapresiasi langkah Ganjar Pranowo tersebut. Menurutnya, pembukaan layanan aduan itu merupakan upaya Ganjar untuk memperbaiki pelayanan publik misalnya pencegahan pungli di sekolah.

Sumber: