15 Negara Berpenduduk Paling Pintar di Dunia dengan IQ Tingi-tinggi, Indonesia Nomor Berapa?

15 Negara Berpenduduk Paling Pintar di Dunia dengan IQ Tingi-tinggi, Indonesia Nomor Berapa?

--

TEGAL, radartegal.disway.id - Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) semakin berkembang pesat di dunia akhir-akhir ini. Itulah sebabnya muncul daftar deretan negara berpenduduk paling pintar di dunia.

Deretan pemeringkatannya didasarkan pada rerataan skor Intelligence Quotient (IQ) atau nilai kecerdasan seseorang. Yang mengejutkan dalam daftar negara berpenduduk paling pintar di dunia itu, tidak muncul negara-negara besar.

Padahal selama ini di negara-negara tersebut menjadi rujukan perkembangan iptek dan perguruan tinggi ternama seantero jagad. Dari 15 negara berpenduduk paling pintar itu, delapan di antaranya berada di Benua Asia, dan sisanya ada di Eropa.

Perlu kita ketahui, skor IQ tidak hanya berguna untuk mengukur kecerdasan setiap orang. Tetapi juga bisa untuk memperlihatkan rata-rata kepintaran penduduk di suatu negara.

Nah, dengan cara pendekatan melalui skor IQ itulah, para ahli kependudukan dan intelijen menggunakannya untuk merancang metode pemeringkatan negara berpenduduk paling pintar di dunia.

Studi intelijen dunia yang paling terkenal dan dipublikasikan secara luas adalah pendekatan yang dilakukan salah seorang psikolog asal Inggris, Richard Lynn.

Melalui studinya di tahun 2019 yang berjudul The Intelligence of Nations, Lynn bersama David Becker mengukur IQ rata-rata warga di 132 negara. Selain itu keduanya juga menghitung perkiraan skor untuk 71 negara lainnya.

Publikasi data tersebut kemudian diperbarui lagi tahun 2022 lalu. Hasilnya adalah 15 besar negara berpenduduk paling pintar di dunia berdasarkan World Population Review.

15 Negara dengan Penduduk Paling Pintar di Dunia

1. Jepang

Rata-rata IQ= 106.48

 

2.Taiwan

Rata-rata IQ= 106.47

Sumber: